Pelacuran anak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Prostitusi anak-anak)
Langsung ke: navigasi, cari
Prostitusi rumah bordil Shimpuro di Yokohama, Jepang.

Pelacuran anak adalah tindakan menawarkan pelayanan seorang anak untuk melakukan tindakan seksual demi uang atau bentuk imbalan lain dengan seseorang atau kepada siapapun.

Para aktivis hak-hak anak menghindari penggunaaan istilah pelacur anak (child prostitutes) karena cenderung berkonotasi negatif. Istilah yang digunakan adalah anak-anak yang dilacurkan (prostituted children) yang menyiratkan kesadaran bahwa kehadiran anak-anak di dalam pelacuran adalah sebagai korban mengingat anak belum dianggap mampu untuk mengambil keputusan memilih pekerja seks sebagai profesi.

Pelacuran anak di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia berdasarkan analisis situasi yang dilakukan oleh seorang aktivis hak-hak anak, Mohammad Farid, pada tahun 1998, diperkirakan ada 40 ribu hingga 70 ribu anak-anak yang dilacurkan atau 30% dari jumlah PSK di Indonesia.

Semarang[sunting | sunting sumber]

Di Semarang, pada pertengahan tahun 90-an muncul istilah ciblek untuk menyebut anak-anak yang dilacurkan. Istilah ini menggantikan istilah warrior (yang diambil dari sebuah judul film mengenai gang anak jalanan). Ciblek sendiri merupakan nama burung kecil yang lincah dan sering berkicau dan pada masa itu sangat digemari di Semarang.

Penggunaan istilah ciblek, awalnya merupakan kependekan dari cilik-cilik betah melek, namun kemudian berubah menjadi cilik-cilik isa digemblek. Sedangkan untuk perempuan dewasa dikenal dengan sebutan prenjak. Ini juga nama jenis burung, namun diplesetkan dengan kepanjangan perempuan nunggu diajak atau ada pula yang mengatakan perempuan ngajak kenthu (bersenggama).

Yogyakarta[sunting | sunting sumber]

Di Yogyakarta, istilah untuk anak-anak yang dilacurkan dikenal dengan sebutan rendan yang kepanjangannya adalah kere dandan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]