Laut Marmara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Propontis)
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Marmara
Peta Laut Marmara.
Citra satelit Laut Marmara.
Teluk Izmit.

Laut Marmara (bahasa Turki: Marmara Denizi, bahasa Yunani modern: Μαρμαρα̃ Θάλασσα atau Προποντίδα, juga dikenal sebagai "Laut Marmora") ialah laut pedalaman yang menghubungkan Laut Hitam ke Laut Aegea, dan memisahkan Turki Asia dengan Turki Eropa. Selat Bosporus menghubungkannya ke Laut Hitam dan Selat Dardanella ke Laut Aegea. Luasnya 11,350 km² dengan kedalaman terbesar mencapai 1.370 m. Selat Bosphorus menghubungkan ke Laut Hitam dan Selat Dardanella ke Laut Aegea. Ada 2 kelompok pulau utama yang dikenal sebagai Pulau Pangeran dan Pulau Marmara(termasuk Avşa dan Paşalimanı).

Geografi[sunting | sunting sumber]

Salinitas laut Mamara rata-rata sekitar 22 per seribu, yang sedikit lebih besar dari Laut Hitam tetapi hanya sekitar dua-pertiga yang sebagian besar lautan. Namun, air garam lebih banyak di dasar laut, salinitas rata-rata sekitar 38 per seribu - mirip dengan Laut Mediterania. Ini air garam, seperti yang dari Laut Hitam itu sendiri, tidak bermigrasi ke permukaan. Air dari Susurluk, Biga (Granicus) dan Sungai Gonen juga mengurangi salinitas laut, meskipun dengan pengaruh kurang dari di Laut Hitam. Dengan sedikit tanah di Thrace pengeringan selatan, hampir semua aliran sungai dari Anatolia.

Pantai selatan laut ini sangat menjorok, dan termasuk Teluk Izmit (Turki: Izmit Körfezi), Teluk Gemlik (Turki: Gemlik Körfezi) dan Teluk Erdek (Turki: Erdek Körfezi). Selama badai pada tanggal 29 Desember 1999, kapal tanker minyak Rusia Volgoneft sela dua di Laut Marmara, dan lebih dari 1500 ton minyak yang tumpah ke dalam air.

Nama[sunting | sunting sumber]

Laut mengambil nama dari pulau Marmara, yang kaya akan sumber marmer, dari μάρμαρον Yunani (marmaron), "marmer".

Propontis (Προποντίς, -ίδος < pro 'sebelum' + pontos 'Laut Hitam') adalah nama kuno Yunani buat laut ini, berasal dari fakta bahwa orang Yunani berlayar melalui itu untuk mencapai Laut Hitam. Dalam mitologi Yunani, badai di Propontis membawa Argonauts kembali ke pulau mereka pergi, mempercepat pertempuran di mana baik Jason atau Heracles membunuh Raja Cyzicus, yang menganggap mereka musuhnya, Pelasgian.

Luas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Marmara sebagai berikut:

Di barat. Batas Selat Dardanella dan Laut Aegea [Sebuah garis bergabung Kum Kale (26 ° 11'E) dan Cape Helles].

Di timur laut. Sebuah garis bergabung Tanjung Rumili dengan Tanjung Anatolia (41 ° 13'N).

Kota[sunting | sunting sumber]

Kota-kota yang berbatasan dengan Laut Marmara:

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]