Produk flagship

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Produk Flagship)

Produk flagship adalah sebuah produk inti atau produk unggulan dari suatu perusahaan. Produk tersebut biasanya merupakan representasi dari keseluruhan produk yang dimiliki atau ditawarkan suatu perusahaan kepada para konsumen. Sering kali produk inti juga merupakan Produk yang paling dikenal oleh konsumen dari perusahaan yang bersangkutan, misalnya Google search engine dari Google, Inc., atau Sistem operasi Windows dari Microsoft

Dalam beberapa kasus (misalnya yang berkaitan dengan gadget seperti smartphone), produk flagship juga bisa diartikan sebagai produk terbaik atau produk dengan kelas paling tinggi yang dimiliki atau ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk para konsumen. Produk-produk tersebut sering kali dijadikan acuan bagi para konsumen untuk menilai semua produk lain yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Misalnya jika produk flagship dari perusahaan 'A' dinilai bagus, maka produk dengan model atau tipe berbeda yang juga dikeluarkan oleh perusahaan yang sama juga akan dianggap bagus. Padahal penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar. Dan jika suatu produk flagship meraup kesuksesan di pasaran maka biasanya hal itu akan ikut mendongkrak popularitas dari perusahaan yang bersangkutan.

Dalam perkembangannya, produk flagship tidak selalu terkait secara global. Karena tidak semua produk dari produsen yang memproduksinya masuk pada seluruh negara secara global. Banyak produk yang dibuat untuk negara tertentu dan hanya dipasarkan di negara tertentu saja. Sehingga sebutan produk flagship hanya untuk menyebut produk tertinggi pada regional atau negara tertentu. Jadi tidak selalu relevan ketika menyebut produk A sebagai flagship tapi barangnya tidak ada. Sehingga produk B sebagai produk dengan spesifikasi tertinggi yang dipasarkanlah yang bisa disebut sebagai flagship.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]