Pringsewu, Pringsewu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pringsewu, Tanggamus)
Pringsewu
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenPringsewu
Pemerintahan
 • CamatMaody Ary Nayzolla[1]
Luas
 • Total48,49 km2 (18,72 sq mi)
Populasi
 • Total82.773 jiwa
 • Kepadatan1.707/km2 (4,420/sq mi)
Kode pos
Kode Kemendagri18.10.01
Desa/kelurahan15 pekon[3]

Pringsewu adalah ibu kota Kabupaten Pringsewu yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Pringsewu. Pringsewu juga merupakan sebuah wilayah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Indonesia.

Wilayah Administrasi[sunting | sunting sumber]

Berikut disajikan nama-nama Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Pringsewu:[4]

  1. Pajaresuk (Fajaresuk/Fajar Esuk)
  2. Pringsewu Utara
  3. Pringsewu Selatan
  4. Pringsewu Barat
  5. Pringsewu Timur
  6. Margakaya
  7. Waluyojati
  8. Sidoharjo
  9. Podomoro
  10. Bumiarum (Bumi Arum)
  11. Fajar Agung
  12. Rejosari
  13. Bumiayu (Bumi Ayu)
  14. Fajar Agung Barat
  15. Podosari

Demografi[sunting | sunting sumber]

Tahun 2021, jumlah penduduk kecamatan Pringsewu sebanyak 82.773 jiwa, dengan kepadatan 1.707 jiwa/km². Kemudian, persentasi penduduk kecamatan pringsewu berdasarkan agama yang dianut yakni pemeluk agama Islam 94,08%, kemudian Kekristenan sebanyak 5,52%, dengan rincian Katolik 4,10% dan Protestan 1,42%. Pemeluk agama Buddha 0,26%, Hindu 0,13 dan lainnya 0,01%.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori penyelenggara even tingkat nasional yang berhasil menggelar kolaborasi antara Gebyar Seni Budaya KB Nusantara yang diikuti sebanyak 33 provinsi dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang 3 bupati sekaligus. Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Ir.H.Masdulhaq dari perwakilan Museum Rekor Indonesia saat acara pagelaran wayang kulit spektakuler di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Dr. Sugiri Syarif MPA, serta ketiga bupati yang menjadi dalang dan sinden dalam pagelaran acara tersebut, yakni Bupati Wonogiri H.Begug Poernomosidi, Bupati Sragen H.Untung Wiyono, serta Bupati Karanganyar Hj.Rina Iriani Ratnaningsih.

Kolaborasi Seni Budaya KB Nusantara yang diikuti sebanyak 33 provinsi seluruh Indonesia dan Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler dengan 3 dalang bupati yang masih aktif ini, merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia bahkan di dunia.

Khusus untuk Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler dengan lakon (judul) Wahyu Makutoromo ini, Bupati Wonogiri H.Begug Poernomosidi dan Bupati Sragen H.Untung Wiyono, bahkan membawa lengkap seluruh set peralatan wayang dari daerahnya, serta Bupati Karanganyar Hj.Rina Iriani juga menerjunkan sebanyak 50 sinden dari Kabupaten Karanganyar.

Selain dalam memeriahkan acara Program Revitaliasi KB Tingkat Nasional, pagelaran wayang kulit spektakuler ini juga dimaksudkan dalam rangka syukuran berdirinya Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung, yang disiarkan oleh sejumlah stasiun TV Nasional, serta disiarkan secara langsung (Live) oleh 3 stasiun radio swasta di Kota Pringsewu.

Dari hasil perlombaan Seni Budaya KB Nusantara yang digelar mulai tanggal 1 Oktober 2016, berhasil terpilih 6 provinsi yang menjadi pemenang, yaitu masing-masing untuk Juara Umum (juara 1) diraih kontingen Provinsi Jawa Barat, Juara ke-2 Provinsi DI Yogyakarta, serta Juara 3 diraih Provinsi Bali. Kemudian untuk kategori Juara Harapan 1 berhasil diraih Provinsi Jawa Timur, Juara Harapan ke-2 diraih Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), serta Juara Harapan 3 diraih oleh Provinsi Lampung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Camat Pringsewu Diserah Terimakan Ke Camat yang Baru". www.editoronline.co.id. 4 Maret 2021. Diakses tanggal 5 September 2021. 
  2. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 5 September 2021. 
  3. ^ "Kabupaten Pringsewu Dalam Angka 2023". pringsewukab.bps.go.id. hlm. 26. Diakses tanggal 2024-01-29. 
  4. ^ "Badan Pusat Statistik Kabupaten Pingsewu". pringsewukab.bps.go.id. Diakses tanggal 2016-10-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]