Primetime Live

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Primetime Live
PembuatRoone Arledge
PemeranDiane Sawyer
Chris Cuomo
Cynthia McFadden
John Quiñones
David Muir
Negara asal Amerika Serikat
Produksi
Durasi1 jam
Rilis asli
JaringanABC
Format gambar480i (SDTV)
720p (HDTV) [1]
Rilis3 Agustus 1989 (sebagai Primetime Live) –
18 Mei 2012

Primetime adalah majalah berita televisi Amerika Serikat yang ditayangkan oleh jaringan televisi ABC. Sejak musim gugur 2006, ABC mengurangi jadwal Primetime sebagai acara khusus yang ditayangkan secara tidak teratur.

Acara ini mulai ditayangkan pada tahun 1989 sebagai Primetime Live. Direktur ABC News, Roone Arledge memasang Sam Donaldson dan Diane Sawyer sebagai pemandu acara. Di antara topik-topik yang dibahas pada penayangan perdana adalah krisis sandera Timur Tengah yang dilaporkan oleh Chris Wallace dan wawancara bersama Roseanne Barr.[2]

Pada awalnya, acara ini merupakan siaran langsung yang dihadiri penonton di studio. Donaldson dan Sawyer membolehkan penonton untuk memberi komentar dan bertanya kepada tamu yang diundang datang ke studio atau diwawancarai lewat satelit. Pasangan Sawyer dan Donaldson ternyata tidak saling cocok. Mereka lalu dipisahkan, Sawyer di New York dan Donaldson di Washington, D.C.. Penonton juga tidak lagi diundang ke studio.[3] Siaran langsung wawancara sedikit demi sedikit dikurangi, dan diganti dengan laporan investigasi dengan kamera tersembunyi.

Pada tahun 1998, ABC menghentikan penayangan Primetime Live dan menggabungnya dengan majalah berita 20/20. Penggabungan dimaksudkan agar ABC bisa bersaing dengan Dateline dari NBC. Namun pada thun 2000, acara ini dihidupkan kembali sebagai Primetime Thursday dengan Charles Gibson menggantikan Donaldson. Mulai musim tayang 2004/2005, acara ini kembali disebut Primetime Live. Pasangan Charles Gibson dan Diane Sawyer dilanjutkan oleh tim beranggotakan Sawyer, Chris Cuomo, Cynthia McFadden, dan John Quiñones. Mulai 21 Juli 2005, nama acara diganti menjadi Primetime.[4]

Tayangan terakhir program ini berlangsung pada 18 Mei 2012.

Pemandu acara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Exclusive: World News Kicks Off HD Expansion at ABC[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Goodman, Walter (4 Agustus 1989). "Review/Television; ABC News Offers Potpourri In 'Primetime Live' Debut". The New York Times. Diakses tanggal 19 Oktober 2008. 
  3. ^ Baker, Russ W. (Juli/Agustus 1993). "Truth, Lies, and Videotape: PrimeTime Live and the Hidden Camera". Columbia Journalism Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-04. Diakses tanggal 19 Oktober 2008. 
  4. ^ Primetime.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]