Presnigarba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Presnigarba (Dewanagari: पृष्निगर्भ; ,IASTPṛṣṇigarbha, पृष्निगर्भ) adalah salah satu awatara (inkarnasi) Wisnu dalam agama Hindu. Ia merupakan putra Presni dan Sutapa. Awatara ini muncul di hadapan Druwa yang sedang bertapa. Ia menciptakan lapisan dunia yang disebut Druwaloka.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Pada Kalpa yang disebut Waraha, Prajapati Sutapa dan istrinya, Presni, tidak memiliki keturunan. Mereka memutuskan untuk memuja Brahma agar dikaruniai anak. Brahma muncul di hadapan mereka, dan menyarankan agar mereka memuja Wisnu dengan penuh bakti agar Dia muncul di hadapan mereka dan memberikan anugerah. Mereka pun memuja Wisnu dan Dia berkenan dengan pemujaan yang mereka lakukan. Karena kegembiraan mereka, mereka memohon sebanyak tiga kali agar Wisnu memberikan putra yang setara dengan Dia. Wisnu sendiri memberitahu mereka bahwa Dia akan menjelma dalam tiga kehidupan sebagai putra mereka .

Pada kelahiran pertama pada zaman Satyayuga, Wisnu lahir sebagai Presnigarba, putra Sutapa dan Presni. Di kehidupan kedua, selama Tretayuga, Wisnu lahir sebagai Wamana, putra Aditi dan Kasyapa. Di kehidupan ketiga, menjelang akhir Dwaparayuga, Wisnu lahir sebagai Kresna, putra Basudewa dan Dewaki.