Daftar presiden Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Presiden Brazil)

Halaman ini memuat daftar PresidenNegaraBrasil.

Republik Lama[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1889 Repulic itu proclamated dipimpin oleh Marsekal Deodoro da Fonseca, yang digulingkan Brasil Kaisar Dom Pedro II dan membentuk pemerintahan sementara. Dua tahun kemudian, pada tahun 1891, Konstitusi ditulis, yang berbasis di federasi republik dari Amerika Serikat dan negara sendiri bernama Republik Amerika Serikat Brasil. Deodoro terpilih sebagai presiden consitutional oleh parlemen pada tahun yang sama namun mengundurkan diri sepuluh bulan kemudian dan Floriano Peixoto diresmikan. Peixoto itu succeded oleh presiden terpilih pertama di Brazil, Prudente de Morais.[butuh rujukan]

Meskipun itu secara teori demokrasi konstitusional, Republik Lama caracterized oleh kekuatan daerah oligarki dan alternance ketat kekuasaan antara negara-negara São Paulo dan Minas Gerais. Pemungutan suara di pedesaan sering dikendalikan oleh pemilik tanah lokal, dan kurang dari 6% penduduk memiliki hak suara.

Pada tahun 1930, presiden Washington Luiz, yang didukung oleh São Paulo oligarki, melanggar aturan alternance antara São Paulo dan Minas dan didukung calon yang juga dari São Paulo, Júlio Prestes. Prestes memenangkan pemilihan, tetapi Washington Luiz digulingkan tiga minggu sebelum akhir masa jabatannya.[butuh rujukan]

# Presiden Foto Mulai Menjabat Akhir Jabatan Wakil Presiden Catatan
1 Marshal Deodoro da Fonseca 15 November 1889 23 November 1891 Floriano Peixoto Saat Proklamasi Kemerdekaan Republik
2 Floriano Peixoto 23 November 1891 15 November 1894 Diambil sumpah setelah Deodoro mengundurkan diri
3 Prudente de Morais 15 November 1894 15 November 1898 Manuel Vitorino Terpilih menjadi presiden pertama Brasil
4 Campos Sales 15 November 1898 15 November 1902 Rosa e Silva
5 Rodrigues Alves 15 November 1902 15 November 1906 Silviano Brandão
Afonso Pena
6 Afonso Pena 15 November 1906 14 Juni 1909 Nilo Peçanha Meninggal saat menjabat
7 Nilo Peçanha 14 Juni 1909 15 November 1910 Diambil sumpahnya setelah Pena meninggal
8 Marshal Hermes da Fonseca 15 November 1910 15 November 1914 Venceslau Braz
9 Venceslau Braz 15 November 1914 15 November 1918 Urbano Santos
- Rodrigues Alves Delfim Moreira Meninggal setelah diambil sumpahnya
10 Delfim Moreira 15 November 1918 28 Juli 1919 Diambil sumpahnya setelah Rodrigues Alves meninggal
11 Epitacio Pessoa 28 Juli 1919 15 November 1922 Delfim Moreira
Bueno de Paiva
12 Artur Bernardes 15 November 1922 15 November 1926 Estacio Coimbra
13 Washington Luiz 15 November 1926 24 Oktober 1930 Melo Viana Digulingkan tiga minggu sebelum masa jabatannya berakhir
- Julio Prestes Vital Soares Terpilih sebagai presiden, digulingkan oleh Revolusi 1930 sebelum pelantikannya

Republik Kedua[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1945, Vargas digulingkan oleh kudeta militer yang dipimpin oleh dua mantan pendukung. Namun, ia akan terpilih sebagai presiden sekali lagi dan pengaruhnya dalam politik Brasil akan tetap sampai akhir republik kedua. Pada periode ini, tiga partai mendominasi politik nasional. Dua pro-Vargas - di sebelah kiri, PTB dan di kanan-tengah, PSD - dan satu lagi anti-Vargas, UDN kanan.

Periode ini sangat tidak stabil. Pada tahun 1954, Vargas bunuh diri selama krisis yang mengancam pemerintahannya dan ia diikuti oleh serangkaian presiden jangka pendek. Pada tahun 1961, UDN memenangkan pemilihan nasional untuk pertama kalinya, mendukung Janio Quadros, yang dirinya adalah anggota dari partai kecil bersekutu dengan UDN. Quadros, yang sebelum pemilu, naik meteor dalam politik dengan sikap anti-korupsi, tiba-tiba mengundurkan diri presiden tujuh bulan kemudian. Beberapa sejarawan menyatakan bahwa Quadros adalah sangat mabuk ketika ia menandatangani surat pengunduran dirinya, sementara yang lain menunjukkan bahwa Quadros merasa bahwa Kongres tidak akan menerima nya wakil presiden sebagai presiden, dan akan meminta untuk kembali. Mereka sejarawan, oleh karena itu, melihat pengunduran diri Quadros 'sebagai upaya untuk kembali ke kantor dengan peningkatan kekuatan dan dukungan politik yang lebih. Ada kemungkinan bahwa keduanya terjadi: Quadros mabuk ketika ia mengundurkan diri, dan dalam keadaan itu, ia menciptakan rencana untuk kembali ke kekuasaan oleh permintaan Kongres. Plot gagal: Kongres hanya menerima surat Quadros ', dan di tengah shock politisi dan Bangsa, surat itu entred ke catatan Kongres dan presiden dinyatakan kosong. Presiden Kongres, Senator Auro de Moura Andrade, mengambil pandangan bahwa akta pengunduran diri adalah provinsi dari presiden terpilih, bahwa itu tidak tunduk pada keputusan Kongres, perlu ada konfirmasi, dan bahwa pernyataan presiden pengunduran diri sudah final .

Pada waktu itu, presiden dan wakil presiden yang terpilih secara terpisah. Wakil presiden adalah musuh politik Janio Quadros, sayap kiri João Goulart. Goulart berada di luar negeri, dan Kongres dikendalikan oleh politisi sayap kanan. Selama absennya Goulart itu, presiden Kamar Deputi, Ranieri Mazzilli, menjabat sebagai penjabat presiden. Ada kemudian plot untuk memblokir pelantikan wakil presiden sebagai presiden, tetapi perlawanan Kongres ke peresmian Goulart menyebabkan reaksi oleh Gubernur Rio Grande do Sul, yang memimpin sebuah "kampanye legalitas", dan perpecahan di militer (yang, selama Republik kedua, sangat mengintervensi dalam politik). Di tengah krisis politik, solusinya adalah adopsi oleh Kongres dari Amendemen Konstitusi menghapuskan Eksekutif presiden dan menggantikannya dengan sistem parlementer Pemerintah. Di bawah itu solusi yang dirundingkan, pelantikan Goulart yang diizinkan untuk melanjutkan, tetapi Goulart akan Kepala Negara hanya, dan perdana menteri disetujui oleh Kongres akan memimpin pemerintahan. Sistem baru terus ada pemerintah tunduk pada persetujuan populer dalam referendum yang dijadwalkan untuk 1963. Hasil referedum ini dikembalikan Eksekutif presiden dan kudeta militer menggulingkan Goulart pada tahun 1964, mulai kediktatoran militer.

# Presiden Foto Mulai Menjabat Akhir Jabatan Wakil Presiden Catatan
16 Gaspar Dutra 31 Januari 1946 31 Januari 1951 Nereu Ramos
17 Getúlio Vargas 31 Januari 1951 24 Agustus 1954 Café Filho Terpilih secara demokratis. Bunuh diri sementara masih menjabat.
18 Café Filho 24 Agustus 1954 9 November 1955 Dilantik setelah Vargas bunuh diri. Mengundurkan diri karena masalah kesehatan.
19 Carlos Luz 9 November 1955 11 November 1955 Dilantik setelah Café Filho mengundurkan diri. Digulingkan oleh kontra-kudeta.
20 Nereu Ramos 11 November 1955 31 Januari 1956 Presiden Senat
21 Juscelino Kubitschek 31 Januari 1956 31 Januari 1961 João Goulart
22 Jânio Quadros 31 Januari 1961 25 Agustus 1961 João Goulart Mundur setelah tujuh bulan menjabat
23 Ranieri Mazzilli 25 Agustus 1961 7 September 1961 Presiden Senat, presiden sementara setelah Goulart diambil sumpahnya.
24 João Goulart 7 September 1961 1 April 1964 Setelah Jânio mundur, ia dilantik sebagai Presiden dengan kekuasaan terbatas dalam sebuah sistem parlementer. Sebuah plebisit pada

1963 memulihkan sistem presidensial. Digulingkan oleh kudeta militer.

Diktatur Militer[sunting | sunting sumber]

pemerintah militer Brasil adalah otoriter kediktatoran militer yang memerintah Brasil dari 31 Maret 1964 hingga 15 Maret 1985. Ini dimulai dengan 1964 kudeta dipimpin oleh Angkatan Bersenjata terhadap pemerintah terpilih secara demokratis Presiden sayap kiri João Goulart dan berakhir ketika José Sarney menjabat sebagai Presiden. Pemberontakan militer digerakkan oleh Magalhães Pinto, Adhemar de Barros, dan Carlos Lacerda, Gubernur Minas Gerais, São Paulo, dan Rio de Janeiro, masing-masing. Rezim militer Brasil merupakan contoh tentang rezim militer lain dan kediktatoran di seluruh Amerika Latin, sistematisasi "Doktrin Keamanan Nasional" yang membenarkan tindakan militer sebagai operasi untuk kepentingan Keamanan Nasional dalam saat krisis, menciptakan landasan intelektual di mana rezim militer lainnya mengandalkan.

Angkatan Bersenjata Brasil memperoleh pengaruh politik yang besar setelah Perang Paraguay. Politisasi Angkatan Bersenjata itu dibuktikan oleh Proklamasi Republik, yang menggulingkan Empire, atau dalam Tenentismo ( Letnan 'gerakan) dan Revolusi 1930. Ketegangan meningkat lagi pada tahun 1950, sebagai kalangan militer penting bergabung aktivis sayap kanan dalam upaya untuk menghentikan Presiden Juscelino Kubitschek dan João Goulart dari mengambil kantor, karena keselarasan persepsi mereka dengan Komunis ideologi . Sementara Kubitschek terbukti ramah kepada lembaga-lembaga kapitalis, Goulart menjanjikan reformasi yang luas, kepentingan bisnis diambil alih dan terbuka yang dianut simpati dengan Komunis Bloc.

Pada tahun 1961, Goulart diizinkan untuk mengambil kantor, di bawah pengaturan yang menurun kekuasaannya sebagai Presiden dengan instalasi parlementerisme. Negara ini kembali ke Presiden pemerintah dalam satu tahun, dan sebagai kekuatan Goulart tumbuh, menjadi jelas bahwa ia akan berusaha untuk menerapkan kebijakan kiri seperti land reform dan nasionalisasi perusahaan di berbagai sektor ekonomi, terlepas dari persetujuan dari lembaga mapan seperti Kongres. Masyarakat menjadi sangat terpolarisasi, dengan banyak ketakutan Brasil akan bergabung Kuba sebagai pihak dalam Blok Komunis di Amerika Latin di bawah Goulart. Politisi berpengaruh, seperti Carlos Lacerda dan bahkan Kubitschek, raja media (Roberto Marinho, Octavio Frias, Júlio de Mesquita Filho), yang Gereja, pemilik tanah, pengusaha dan kelas menengah menyerukan "kontra-revolusi" oleh Angkatan Bersenjata untuk menghapus pemerintah.

Pada tanggal 31 Maret 1964, operasi pasukan pemberontak pergi berlangsung. Goulart melarikan diri ke Uruguay pada tanggal 1 April. Kediktatoran militer berlangsung selama lima belas tahun, meskipun janji awal untuk sebaliknya, pemerintahan militer segera diundangkan baru, membatasi Konstitusi, dan tertahan kebebasan berbicara dan oposisi politik . Rezim mengadopsi nasionalisme, pembangunan ekonomi dan oposisi terhadap komunisme sebagai pedoman. Kediktatoran mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970-an, dengan Keajaiban Brasil, bahkan ketika rezim menyensor semua media, disiksa dan dibuang pembangkang. Pada 1980-an, sebagai rezim militer di Amerika Latin jatuh, dan pemerintah gagal untuk merangsang ekonomi dan abate inflasi kronis, gerakan pro-demokrasi mendapatkan momentum. Pemerintah melewati Hukum Amnesty untuk kejahatan politik yang dilakukan untuk dan terhadap rezim, pembatasan santai kebebasan sipil, maka diadakan Pemilihan Presiden tahun 1984 dengan calon sipil. Sejak 1988 Konstitusi disahkan dan Brasil kembali ke demokrasi, militer telah berdiri di bawah kontrol institusi sipil, dengan tidak ada peran politik yang relevan.

# Presiden Foto Mulai Menjabat Akhir Jabatan Wakil Presiden Catatan
25 Ranieri Mazzilli 2 April 1964 15 April 1964 Presiden sementara sesudah kudeta militer
26 Marshal Castelo Branco 15 April 1964 15 Maret 1967 José Maria Alckmin Diktator Militer Pertama
27 Costa e Silva 15 Maret 1967 31 Agustus 1969 Pedro Aleixo Diktator Militer, turun jabatan setelah terserang stroke
- Aurélio Lyra 31 Agustus 1969 30 Oktober 1969 Junta militer, dilantik setelah Costa e Silva menderita sakit.
Admiral Augusto Rademaker
Brigadier Márcio de Souza e Mello
28 Garrastazú Medici 30 Oktober 1969 15 Maret 1974 Augusto Rademaker Diktator Militer
29 Ernesto Geisel 15 Maret 1974 15 Maret 1979 Adalberto Pereira dos Santos Diktator Militer
30 João Figueiredo 15 Maret 1979 15 Maret 1985 Aureliano Chaves Diktator militer terakhir

Republik Baru[sunting | sunting sumber]

Partai-partai

      Gerakan Demokratik Brasil       Partai Rekonstruksi Nasional
      Partai Demokrasi Sosial Brasil       Partai Front Liberal       Partai Pekerja       Partai Republikan Brasil       Partai Sosial Liberal       Partai Pembaruan Buruh Brasil

Presiden
(lahir–mati)
Foto Terpilih Awal jabatan Akhir jabatan Partai politik Wakil Presiden Jabatan publik sebelumnya Tempat lahir
Tancredo Neves
(1910–1985)
1985

Tidak pernah menjabat (terpilih, tetapi

meninggal sebelum ia menjabat)

Partai Gerakan Demokratik Brasil (PMDB) José Sarney
(PMDB)
Gubernur Minas Gerais São João del Rey, Minas Gerais
31 José Sarney
(1930–)
Penjabat Presiden dari 15 Maret 1985
21 April 1985
14 Maret 1990 Partai Gerakan Demokratik Brasil (PMDB)
Kosong
Wakil Presiden Pinheiro, Maranhão
32 Fernando Collor de Mello
(1949–)
1989 15 Maret 1990 Kekuasaan dan tugas ditangguhkan sejak 2 Oktober 1992
29 Desember 1992
Partai Rekonstruksi Nasional (PRN) Itamar Franco
(PRNPMDB[a])
Gubernur Alagoas Rio de Janeiro, Rio de Janeiro
33 Itamar Franco
(1930–2011)
Penjabat Presiden dari 2 Oktober 1992
29 Desember 1992
31 Desember 1994 Partai Gerakan Demokratik Brasil (PMDB)[a]
Kosong
Wakil Presiden Wilayah perairan Brasil, Samudera Atlantik[b]
34 Fernando Henrique Cardoso
(1931–)
1994
1998
1 Januari 1995 31 Desember 2002 Partai Demokrasi Sosial Brasil (PSDB) Marco Maciel
(PFL)
Menteri Keuangan Rio de Janeiro, Rio de Janeiro
35 Luiz Inácio Lula da Silva
(1945–)
2002
2006
1 Januari 2003 31 Desember 2010 Partai Pekerja (PT) José Alencar
(PRB)
Anggota Deputi Federal dari São Paulo (1987–1991) Caetés, Pernambuco
36 Dilma Rousseff
(1947–)
2010
2014
1 Januari 2011 Kekuasaan dan tugas ditangguhkan dari 12 Mei 2016
31 Agustus 2016
Partai Pekerja (PT) Michel Temer
(PMDB)
Menteri Kepala Staf Kepresidenan Republik Belo Horizonte, Minas Gerais
37 Michel Temer
(1940–)
Penjabat Presiden dari 12 Mei 2016
31 Agustus 2016
31 December 2018 Gerakan Demokratik Brasil (MDB)[c]
Kosong
Wakil Presiden Tietê, São Paulo
38 Jair Bolsonaro
(1955–)
2018 1 Januari 2019 1 Januari 2023 Partai Sosial Liberal (PSL) Hamilton Mourão (PRTB) Anggota Deputi Federal dari Rio de Janeiro Glicério, São Paulo
39 Luiz Inácio Lula da Silva
(1945–)
2022 1 Januari 2023 Petahana Partai Pekerja (PT) Geraldo Alckmin
(PSB)
Presiden Brazil
(2003-2010)
Caetés, Pernambuco

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Itamar Franco bergabung dengan PRN untuk pemilu 1989 election sebagai calon wakil presiden Collor. Ketika menjabat, ia pecah kongsi dengan Collor, dan meninggalkan PRN pada 5 Mei 1992, kembali menjadi anggota PMDB.
  2. ^ Franco dilahirkan di atas kapal di lepas pantai timur Brasil, berlayar di antara Salvador dan Rio de Janeiro, dan terdaftar di Salvador.
  3. ^ Ketika Michel Temer menjadi Presiden, partainya masih bernama Partai Gerakan Demokratik Brasil (PMDB). Selama masa jabatannya, pada 19 Desember 2017, Konvensi Nasional Partai mengubah Anggaran Dasar Partai, mengubah namanya kembali menjadi Gerakan Demokratik Brasil (MDB), nama yang sama yang telah dipakai partai antara tahun 1965-1981 .


Lihat pula[sunting sumber]