Prescott, Ontario

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prescott adalah kota berpenduduk sekitar 4.200 orang di pantai utara Sungai Saint Lawrence, Ontario, Kanada, dan persis berseberangan dengan kota Ogdensburg, New York, Amerika Serikat. Kedua kota ini dihubungkan oleh Jembatan Internasional Ogdensburg-Prescott yang berada 5 km sebelah timut Prescott di Johnstown, Leeds and Grenville United Counties, Ontario.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di kota ini terdapat situs bersejarah dan objek wisata Benteng Wellington. Pertempuran Thousand Islands terjadi Agustus 1760, di dekat tempat yang sekarang menjadi kota Prescott. Semasa Perang 1812, serdadu yang ditempatkan di Benteng Wellington melintasi sungai beku dan membakar Ogdensburg sebagai serangan balasan. Penduduk Amerika di Ogdensburg adalah pedagang yang memasok perbekalan untuk tentara Britania. Mereka mengusir tentara Amerika sehingga bisa berdagang kembali dengan tentara Britania di Prescott.

Di zaman dulu, Prescott adalah titik pemindahan muatan kapal dari Danau-Danau Besar ke arah timur menuju Montreal, Quebec dan Samudra Atlantik. Namun, peran Prescott berakhir setelah dibangunnya Terusan Saint Lawrence.

Prescott berada di jalur utama Jalan Kereta Api Nasional Kanada yang menghubungkan Toronto, Ontario hingga ke Montreal, Quebec. Kota ini berada dekat persimpangan timur-barat Highway 401 dan utara Highway 416 ke Ottawa, Ontario.

Di kota ini terdapat Pelabuhan Sandra S. Lawn yang merupakan pintu gerbang menuju Thousand Islands.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°43′N 75°31′W / 44.717°N 75.517°W / 44.717; -75.517