Prediksi Kiamat 2000

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Prediksi kiamat 2000 adalah ramalan yang menyatakan kiamat akan terjadi pada tahun 2000.

Versi Y2K[sunting | sunting sumber]

Y2K (Year 2 Kilo) adalah ketakutan orang-orang di seluruh dunia yang terjadi pada malam pergantian tahun 1999 menuju 2000. Penyebabnya adalah kesalahan penanggalan komputer saat itu yang dinamakan kutu milenium (milennium bug). Kutu milenium ini sendiri diakibatkan sistem penanggalan komputer dengan penulisan angka tahun hanya bilangan puluhan dan satuannya saja, dengan asumsi semua tahun berangka ribuan 1 dan ratusan 9 (1900-an). Misalnya, tahun 1990 hanya ditulis 90 saja. Metode ini diciptakan pada pertengahan dekade 1960-an saat komputer mulai berkembang. Ketika itu, harga komputer (khususnya media penyimpanan data) masih sangat mahal sehingga metode tersebut dipergunakan untuk penghematan (biaya). Selain harganya yang mahal, kapasitas memorinya juga sangat terbatas. Penghematan tersebut terbukti dapat menurunkan biaya mencapai puluhan ribu US$ untuk media penyimpanan data. Mungkin metode penghematan tersebut saat ini sudah tidak ada artinya (useless).
Akan tetapi, para pencipta metode penghematan tersebut tidak memperkirakan bahwa sistem tersebut akan dipergunakan sampai sekarang (dampak jangka panjangnya). Ketika tanggal berganti dari 31 Desember 1999 menjadi 1 Januari 2000, semua sistem penanggalan komputer mengalami kekacauan (error). Tahun 2000 dituliskan 00 yang diartikan 1900 oleh komputer. Akibatnya, semua aktivitas yang bergantung pada komputer ikut merasakan akibatnya. Sebutan kutu milenium ini diberikan karena 1 Januari 2000 merupakan awal milenium ke-3.
Y2K ini dimanfaatkan oleh beberapa orang Kristen fanatik untuk meramalkan kiamat akan terjadi pada 1 Januari 2000. Ternyata ketakutan ini terlalu berlebihan. Malahan, Tahun Baru Masehi 2000 diwarnai dengan pesta kembang api penuh warna dalam rangka memasuki milenium ke-3 dan abad ke-21 dengan penuh harapan, impian, dan cita-cita.

Versi Gerakan Pemulihan 10 Perintah Allah[sunting | sunting sumber]

Pada Jumat-17 Maret 2000 di Kampala-Uganda, ada sekelompok pengikut bidat Gerakan Pemulihan 10 Perintah Allah (God's 10 Commandements Restoration Movement) pimpinan mantan Pastor Joseph Kibwetere. Ia menyatakan bahwa kiamat akan terjadi pada Jumat-31 Desember 1999 sampai Sabtu-1 Januari 2000. Menurutnya, informasi ini didengarnya ketika Yesus Kristus mengobrol dengan Bunda Maria tentang tanggal kiamat tersebut. Untuk persiapan, 530-an orang pengikutnya diperintahkan menjual seluruh harta kekayaannya.
Pastor Kibwetere kemudian merevisi ramalan kiamat menjadi Minggu-31 Desember 2000. Semua jemaat diperintahkan berkumpul di gereja, kemudian pintunya ditutup. Sang pastor kemudian membakar gereja itu. Gereja terbakar dan "kiamat" terjadi. Polisi menemukan 330 tengkorak manusia yang telah hangus di antara puing-puing bangunan gereja. Kiamat memang terjadi hanya untuk orang-orang sial yang telah menjual semua harta miliknya. Mereka mati bukan karena api neraka tetapi karena api sulutan pastornya sendiri. Sungguh menyedihkan.

Versi Linearitas Planet[sunting | sunting sumber]

Pada Jumat-5 Mei 2000, tersiar berita bahwa 9 planet di Tata Surya (sekarang 8) akan berada dalam posisi simetris (linear). Jika ini terjadi, maka pengaruh supergravitasi akan melanda Bumi (seperti pada permainan tarik tambang). Akibatnya akan muncul bencana alam menakutkan: tsunami, gempa bumi, erupsi vulkanik, dan pencairan es mendadak. Tetapi semuanya tidak terjadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lolowang, Harold V. 2010. 2012: Akhir Zaman atau Zaman Baru? Yogyakarta: ANDI.