Prakash Padukone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prakash Padukone
प्रकाश पडुकोण
Prakash Padukone at the Tata Open championship.JPG
Informasi pribadi
Nama lahir Prakash Padukone
Tanggal lahir 10 Juni 1955 (umur 58)
Tempat lahir Bangalore
Tinggi 1.85 m (6 ft 1 in)
Asal negara  India
Rekor bertanding
Pegangan tangan Kanan

Prakash Padukone (Kannada:ಪ್ರಕಾಶ್ ಪಡುಕೋಣೆ) (lahir di Bangalore, 10 Juni 1955; umur 58 tahun) adalah seorang pemain bulu tangkis terkenal dari Karnataka, India.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bersifat pemalu dan bicara dengan lembut, Prakash mulai diperkenalkan kepada bulu tangkis pada usia yang sangat muda oleh ayahnya Ramesh Padukone Sr., yang merupakan Sekretaris Asosiasi Bulu Tangkis Mysore.

Turnamen resmi pertama Padukone adalah kejuaraan yunior negara bagian Karnataka pada tahun 1962. Walaupun saat itu ia kalah pada putaran pertama, dua tahun kemudian ia berhasil memenangkan gelar juara pada kejuaraan yang sama. Ia mengubah gaya permainannya menjadi lebih agresif pada tahun 1971, dan memenangkan gelar juara nasional yunior India pada tahun 1972. Ia juga memenangkan gelar juara senior pada tahun yang sama. Ia memenangkan kejuaraan nasional India secara berturut-turut sampai tujuh tahun selanjutnya, sampai 1979. Pada tahun 1975, ia bergabung dengan Union Bank of India sebagai karyawan percobaan yang terus ditekuninya sampai 1986.

Pada tahun 1979, ia memenangkan gelar internasional penting pertamanya, yaitu Commonwealth Games. Memenangkan London Masters’ Open, Denmark Open dan Swedish Open. Ia menjuarai All England Open pada tahun 1980 dengan menghadapi pebulu tangkis Indonesia Liem Swie King di final. Sepanjang kariernya ia banyak berlatih di Denmark, dan memiliki persahabatan dekat dengan pemain-pemain Eropa seperti Morten Frost Hansen.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Saat ini Prakash tinggal di Bangalore dengan istrinya, Ujjala dan dua putrinya, mengelola Akademi Bulu Tangkis Prakash Padukone. Ia dianugerahi Arjuna award pada tahun 1972 dan Padma Shri pada tahun 1982.

Setelah menyatakan pensiun dari bulu tangkis pada tahun 1981, ia sempat sebentar menjadi ketua Asosiasi Bulu Tangkis India. Ia menjadi pelatih tim nasional bulu tangkis India pada tahun 1993 dan 1996. Saat ini, ia mengelola Akademi Bulu Tangkis Prakash Padukone. Pada tahuin 2006 ia menerbitkan biografinya Touchplay yang ditulis oleh Dev Sukumar.

Prakash juga adalah ayah dari model dan aktris, Deepika Padukone.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The iron mask, BadZine.info, 05 January 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Biografi di Situs Padukone Academy [1]