Pot o' Gold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
“Pot o' Gold”
Episode Glee
Episode ke Musim 3
Episode 4
Bintang tamu *Idina Menzel sebagai Shelby Corcoran
Ditulis oleh Ali Adler
Disutradarai oleh Adam Shankman
Penayangan perdana 1 November 2011 (2011-11-1)
Urutan Episode
← Sebelumnya Selanjutnya →
"Asian F" "The First Time"

"Pot o' Gold" adalah episode keempat musim ketiga dari serial drama musikal Amerika Serikat Glee, dan episode ke-48 secara keseluruhan. Cerita episode ini ditulis oleh Ali Adler dan disutradarai oleh Adam Shankman. Episode ini pertama kali ditayangkan tanggal 1 November 2011 di jaringan Fox di Amerika Serikat. Cerita episode ini adalah kedatangan seorang murid pertukaran pelajar asal Irlandia di McKinley High.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Rory Flanagan (Damian McGinty), seorang murid pertukaran pelajar dari Irlandia, datang ke McKinley High School, dimana ia tidak henti-hentinya dibully di sekolah itu dan menyanyikan "Bein' Green" untuk mengungkapkan rasa frustasinya. Rory tinggal dengan Brittany Pierce (Heather Morris), yang percaya bahwa Rory adalah seorang leprechaun. Rory, yang naksir Brittany, dijanjikan oleh Brittany bahwa Rory akan mendapatkan "pot o' gold" (pot emas)nya jika ia bisa mengabulkan 3 keinginannya. Permintaan pertamanya adalah sekotak boks marshmallow Lucky Charms, yang sangat mudah untuk diselesaikan; permintaan keduanya adalah kucing Brittany (Lord Tubbington) harus bisa mengeluarkan berak berupa permen, yang dengan mudah Rory membohongi Brittany.

Mercedes Jones (Amber Riley) mencoba untuk mencari anggota baru setelah ia bergabung dengan klub glee baru yang beranggotakan wanita saja yang dibentuk oleh Shelby Corcoran (Idina Menzel). Ketika Santana Lopez (Naya Rivera)—anggota dari New Directions— diajak oleh Mercedes untuk masuk ke dalam klub glee yang baru, ia menolak karena ia tidak mau meninggalkan Brittany sendirian. Mercedes pun berkata kalau sebaiknya ia ajak saja Brittany bersamanya. Di sebuah makan malam bersama, Santana tanya pada Brittany apakah mereka berpacaran. Brittany menjawab ya, dan ia juga menyatakan pada Santana kalau ia percaya bahwa Rory memiliki kekuatan ajaib.

Quinn (Dianna Agron) dan Puck (Mark Salling) menawarkan diri mereka untuk mengasuh Beth, anak biologis mereka yang diadopsi oleh Shelby. Ketika Shelby setuju, Quinn dan Puck datang ke rumah Shelby. Ketika Shelby pergi, Quinn mulai meletakkan beberapa saus pedas, pisau tajam, dan buku-buku konsumsi anak di dalam rumah Shelby, tujuannya agar Shelby terlihat seperti ibu yang tidak layak, lalu mereka akan memanggil Child Protection, lalu mereka bisa mendapatkan lagi bayi mereka. Nantinya Puck memutuskan untuk mengambili lagi semua barang-barang yang diletakkan Quinn tersebut. Puck juga menyanyikan "Waiting for a Girl Like You" untuk menghentikan tangisan Beth dan menenangkan Shelby. Shelby sendiri akhirnya mengakui kalau ia benar-benar merasa sendirian.

Kandidat kongres dan pelatih pemadu sorak Sue Sylvester (Jane Lynch) berencana untuk memotong anggaran sekolah untuk pembiayaan musikal West Side Story dan rencananya ini berjalan dengan sukses setelah seorang ibu-ibu yang marah melemparkan batu kepada Principal Figgins. Will mencoba menjual iklan untuk mendapatkan pendanaan, tapi akhirnya Burt Hummel (Mike O'Malley) membantu biaya produksi musikal itu. Burt juga mengumumkan bahwa ia akan maju menjadi calon anggota kongres untuk menggagalkan Sue, dan mengangkat Will sebagai manajer kampanye. Sementara itu, Blaine Anderson (Darren Criss) mencoba untuk menaikkan semangat anggota-anggota New Directions dengan menyanyikan lagu "Last Friday Night (T.G.I.F.)".

Setelah makan malam dengan Brittany, Santana mengancam Rory dan mengatakan bahwa ia akan memberitahukan pada Brittany kalau Rory sebenarnya bohong. Santana tidak akan memberitahu Brittany jika Rory bersedia membantunya. Nantinya, Rory memberitahu Brittany kalau Santana mempunyai permintaan padanya: menyuruh Brittany untuk bergabung dengan Santana di klub glee Shelby. Brittany percaya kalau ia harus mengikuti kata-kata Rory, tapi masalahnya hal itu akan membuat anggota klub lain akan sakit hati. Kapten New Direction, Finn Hudson (Cory Monteith) mencoba membujuk Brittany agar tidak meninggalkan klub; juga memberitahukan padanya kalau leprechaun itu sebenarnya tidak ada dan sekarang ini ia bertindak seperti orang idiot. Brittany mengganggap Finn melalukan bully padanya dan ia pun keluar dari klub. Setelah itu, Santana menakuti Sugar Motta (Vanessa Lengies) agar ia menyerahkan peran sentral klub itu padanya. Klub glee Troubletones menampilkan lagu "Candyman".

Finn mencoba meminta maaf pada Brittany atas perkataannya yang kasar kemarin. Rory kemudian mengklaim kalau ia sudah berhasil memenuhi semua permintaan Brittany, tapi Brittany menolaknya karena ia sudah tahu kalau sebenarnya leprechaun itu tidak ada, kemudian meninggalkan Rory sendirian. Di akhir, ketika Rory sedang dibully, Finn datang menolongnya dan memintanya bergabung dengan New Directions. Ia menyanyikan lagu "Take Care of Yourself" sebagai audisi dan berhasil masuk. Puck dan Shelby berciuman di akhir episode.

Musik[sunting | sunting sumber]

Episode ini menampilkan beberapa penampilan lagu diantaranya:

Produksi[sunting | sunting sumber]

Episode ini ditulis oleh co-produser eksekutif Ali Adler, sehingga menjadikan episode ini adalah episode pertama dimana tidak ditulis oleh trio kreator GleeRyan Murphy, Brad Falchuk dan Ian Brennan. Episode ini juga merupakan episode kedua yang disutradarai oleh koreografer Adam Shankman, yang sebelumnya pernah menyutradarai "The Rocky Horror Glee Show" di episode kelima musim kedua Glee. Shankman mulai bekerja untuk episode ini pada tanggal 2 September 2011,[1] dan pengambilan gambarnya selesai pada tanggal 22 September 2011.[2] Episode ini dan episode sebelumnya diambil gambarnya secara bersamaan sampai episode ketiga "Asian F" selesai pada tanggal 16 September 2011.[3]

McGinty,salah satu pemenang The Glee Project yang mendapatkan hadiah tampil di Glee sebanyak 7 episode, akhirnya mendapatkan penampilan perdananya sebagai karakter Rory Flanagan, seorang siswa pertukaran pelajar dari Irlandia.[4] Murphy mengatakan bahwa di hari pertama McGinty melakukan pengambilan gambar, ia "didorong ke locker sampai 25 kali", dan ketika kru melakukan pengambilan gambar di lagu perdananya, para kru memberikan tepuk tangan meriah."[5][6] Rory tinggal bersama di rumah Brittany, dan ide untuk karakter McGinty berinteraksi dengan Brittany ini bahkan sudah dikemukakan di episode terakhir The Glee Project, dengan berkata bahwa Brittany mungkin tidak mengerti apa yang ia katakan karena aksen Irlandianya.[7]

Ada beberapa bintang tamu tidak tetap yang hadir di episode ini diantaranya Idina Menzel sebagai Shelby Corcoran, Principal Figgins (Iqbal Theba), ayah Kurt Burt Hummel, istri Burt sekaligus ibu Finn Carole Hudson-Hummel (Romy Rosemont), Sugar Motta (Vanessa Lengies), dan pembawa berita acara TV Rod Remington (Bill A. Jones) dan Andrea Carmichael (Earlene Davis).[8][9]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

"Pot o' Gold" pertama kali ditayangkan pada tanggal 1 November 2011 di saluran TV Fox di A.S. Serial ini ditonton oleh 7,47 juta orang penonton Amerika ketika pertama kali ditayangkan.[10] Hal ini merupakan yang keempat kalinya, sejak Glee musim ketiga ditayangkan, jumlah penontonnya terus menurun. Jumlah penonton ini turun dari episode sebelumnya, "Asian F", yang ditonton oleh 8,42 juta orang ketika ditayangkan tanggal 4 Oktober 2011. "Pot o' Gold" saat ini menjadi episode Glee dengan rating kedua terendah setelah episode "Preggers", meskipun episode itu hanya ditonton oleh 6,62 juta orang.[11]

Penonton di beberapa negara lainnya pun menurun. Di Inggris, "Pot o' Gold" yang ditayangkan di saluran TV Sky1 hanya ditonton 1.03 juta orang, turun 6% bila dibandingkan dengan episode sebelumnya.

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Hanya satu dari 5 lagu yang ditampilkan di episode ini berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100: "Last Friday Night (T.G.I.F.)", yang berada di nomor 72.[12] "Last Friday Night (T.G.I.F.)" juga menjadi satu-satunya lagu yang berhasil menembus tangga lagu Billboard Canadian Hot 100, di posisi ke-86.[13] Sebagai tambahan, lagu ini memang hanya satu-satunya lagu dari episode ini yang termasuk dalam Glee: The Music, Volume 7.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shankman, Adam (September 2, 2011). "Twitter / @adammshankman: Starting #GLEE today. It's going to b so good to see everyone again. This is the only way I get to see my friends! Work with them!". Diakses September 22, 2011. 
  2. ^ Michele, Lea (September 21, 2011). "Twitter / @msleamichele: Off to bed now.. Last two days of episode 4 with @Adamshankman.. And then we start #5 which is a gooood one... :)". Diakses September 22, 2011. 
  3. ^ Michele, Lea (September 16, 2011). "Twitter / @msleamichele: At work getting ready to perform the Episode 3 finale song:)". Diakses September 21, 2011. 
  4. ^ Keck, William (September 25, 2011). "Keck's Exclusives: First Look at Glee's Lucky Charmer". TV Guide. Diakses September 25, 2011. 
  5. ^ Ng, Philiana (September 15, 2011). "'Glee': Ryan Murphy Reveals Details on 'The Glee Project' Finalists' Characters". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses September 22, 2011. 
  6. ^ Gonzalez, Sandra (October 13, 2011). "'Glee Project' winner Damian McGinty gets roughed up on 'Glee' – EXCLUSIVE PHOTO". Entertainment Weekly. Time Inc. Diakses October 13, 2011. 
  7. ^ Slezak, Michael (August 22, 2011). "Glee Project Winner Damian McGinty Talks Sinatra, Jane Lynch, and His Almost Elimination". TV Line. Mail.com Media. Diakses September 22, 2011. 
  8. ^ Fox Broadcasting Company. A foreign exchange student gets lucky on an all-new Glee. Siaran pers. Diakses pada October 18, 2011.
  9. ^ "Pot o' Gold". Adam Shankman (director), Ali Adler (writer). Glee. Fox. November 1, 2011. No. 4, season 3.
  10. ^ Seidman, Robert (November 2, 2011). "Tuesday Final Ratings: 'Last Man Standing,' 'Glee,' 'New Girl' Adjusted Up; 'Body Of Proof' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses November 3, 2011. 
  11. ^ Gorman, Bill (September 24, 2009). "TV Ratings Wednesday: Modern Family, Cougar Town Start Strong; ABC Challenges CBS". TV by the Numbers. Diakses September 24, 2009. 
  12. ^ Peak chart positions for season 3 singles in the United States: "Last Friday Night (T.G.I.F.)" "Hot 100: Week of November 19, 2011 (Biggest Jump)". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses November 10, 2011. 
  13. ^ "Canadian Hot 100: Week of November 19, 2011 (Biggest Jump)". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses November 10, 2011. 
  14. ^ Glee: The Music, Volume 7, Amazon.co.uk

Templat:Use my dates