Poster "Harapan" Barack Obama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Poster Barack Obama yang disebar luaskan menggunakan kata - kata "change","progress", atau "hope"

Poster "Harapan" Barack Obama adalah sebuah gambar dari Barack Obama yang di desain oleh seniman Shepard Fairey, yang dikenal luas dan menjadi ikon serta dikaitkan dengan Kampanye Barack Obama.[1][2] Poster ini terdiri atas potret stencil Obama dalam warna merah solid, beige dan warna campuran pastel biru dengan kata "progress", "hope", atau "change" dibawahnya (serta beberapa kata lain dalam berbagai versi).

Desain ini dibuat dalam waktu satu hari dan dicetak pertama kali dalam bentuk poster. Fairey menjual 350 poster tersebut di jalan raya segera setelah mencetaknya. Konsep ini kemudian didistribusikan secara luas - baik sebagai gambar digital atau dalam bentuk lain selama pemilihan presiden Amerika Serikat 2008. Peredaran poster ini dilakukan secara independen namun dengan persetujuan dari tim kampanye Obama. Gambar dalam poster tersebut segera menjadi slah satu simbol yang dikenal identik dengan pesan kampanye Obama, menimbulkan berbagai macam variasi, bentuk dan imitasi yang dibentuk dari kampanye Obama. Laura Barton dari harian The Guardian mengklaim bahwa gambar tersebut segera mengingatkan akan bentuk "pengenalan secara instan terhadap poster Che Guevara yang dibuat oleh Jim Fitzpatrick" dan dapat ditemui pada kaos oblong, cangkir kopi dan dinding kamar pemuda pada beberapa tahun berikutnya.[3]

Pada Januari 2009, setelah Obama memenangkan pemilihan presiden, Karya Fairey yang menggunakan campuran berbagai media dibeli oleh Institusi Smithsonian untuk National Portrait Gallery. Kemudian, foto poster yang digunakan sebagai dasar poster dirilis kepada umum: sebuah foto tahun 2006 oleh mantan fotografer Associated Press, Mannie Garcia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pasick, Adam (2009-01-15). "Iconic Obama poster based on Reuters photo". Reuters. Diakses 2009-01-20. 
  2. ^ "Copyright battle over Obama image", BBC News, February 5, 2009. Accessed February 22, 2009.
  3. ^ Hope - the Image that is Already an American Classic by Laura Barton, The Guardian, 10 November 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.