Posisi (sepak bola)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Posisi dalam sepak bola

Dalam olahraga sepak bola posisi bermain berjumlah 11 pemain dalam setiap tim. Sebuah tim terdiri dari satu orang kiper dan sepuluh pemain yang bergerak di seluruh lapangan yang mengisi posisi bek, gelandang, dan penyerang. Jumlah setiap posisi bek, gelandang, dan penyerang tergantung pola permainan yang dikembangkan.

Dalam perkembangan olahraga modern saat ini posisi dari seorang pemain sepak bola tidak melekat secara tetap seperti cabang olahraga rugbi atau Sepak bola Amerika. Namun, setiap pemain sepak bola hanya akan memegang posisi terbatas sepanjang kariernya, karena setiap posisi memiliki keterampilan khusus yang harus dimiliki. Pesepak bola yang dapat bermain dibanyak posisi disebut sebagai "pemain serba bisa".[1]

Dalam taktik Total Football, setiap pemain diminta dapat bermain dalam berbagai posisi. Taktik ini memerlukan pemain seba bisa, seperti Johan Cruyff yang dapat bermain di setiap posisi kecuali penjaga gawang.[2]

Penjaga gawang[sunting | sunting sumber]

Posisi penjaga gawang adalah posisi dengan kemampuan khusus . Tugas seorang penjaga gawang adalah mencegah bola masuk ke gawang. Penjaga gawang sering kali menjadi palang pintu terakhir bagi lawan sebelum memasukkan bola ke gawang. Penjaga gawang umumnya memiliki kemampuan yang mutlak dibutuhkan seperti refleks yang baik,kecepatan,postur ideal,dan lain sebagainya untuk mencegah terjadinya gol. Penjaga gawang adalah palang pintu terakhir bagi lawan sebelum memasukkan bola ke gawang. Penjaga gawang harus memiliki:

  • Insting terhadap lawan
  • Refleks yang sempurna
  • Bakat,

tanpa salah satu dari tiga kriteria di atas, sulit untuk menjadi seorang penjaga gawang.

Bek[sunting | sunting sumber]

Posisi pemain belakang atau bek adalah pemain yang posisinya berada di belakang dan bertugas membantu penjaga gawang agar tidak terjadi gol.

Bek tengah[sunting | sunting sumber]

Bek tengah berfungsi menjaga sektor tengah pertahanan(dalam beberapa kasus,seperti counter attack disaat bek sayap terlambat kembali,bek tengah bisa menjaga sektor sayap). Mereka hampir setiap waktu berada di bagian belakang permainan bersama dengan penjaga gawang untuk menghindari terjadinya gol. Bek tengah yang memiliki sundulan bagus kadang-kadang maju membantu serangan saat terjadi tendangan bebas dan hampir selalu maju tendangan sudut.Bek dengan sundulan bagus tidak harus berpostur tinggi,contohnya Carles Puyol yang tingginya tidak sampai 180 cm(tinggi rata rata pemain eropa)

Bek sayap[sunting | sunting sumber]

Bek sayap berfungsi untuk menjaga sektor pertahanan sayap dan juga bertugas maju membantu serangan tim dari sektor sayap dengan memberikan dukungan serangan maupun melalui umpan kepada penyerang.serta berperan aktif dalam setiap pertandingan

Gelandang[sunting | sunting sumber]

pemain tengah atau gelandang adalah seorang pemain yang posisinya berada di antara para penyerang dan para bek. Fungsi utama mereka adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan bola kepada para penyerang. Namun ada juga gelandang yang tugasnya lebih bertahan, dan ada pula yang posisinya hampir seperti seorang penyerang.

Seorang gelandang mempunyai tugas-tugas yang penting: menerima bola yang ditujukan ke depan, bertahan atau melakukan tekel (tackle) terhadap pemain lawan, mencetak atau membantu menciptakan sebuah gol, sehingga mereka sering dianggap sebagai anggota terpenting dalam sebuah tim. Kebanyakan mengkhususkan diri dalam suatu keahlian atau yang lainnya.

Para gelandang biasanya menghabiskan paling banyak tenaga dalam suatu pertandingan karena jarak yang mereka tempuh dalam suatu lapangan.

Gelandang bertahan[sunting | sunting sumber]

Gelandang bertahan atau disebut juga tukang angkut air, memiliki fungsi menjadi pembangun serangan pertama, perusak permainan lawan, dan pemain pertama yang menghadang serangan balik.

Gelandang sayap[sunting | sunting sumber]

Pemain sayap bertugas untuk memberikan sinyal dan pulsa serangan dari sektor sayap dan bertahan sewaktu-waktu apabila timnya diserang oleh lawan.

Gelandang tengah[sunting | sunting sumber]

Pemain tengah/gelandang bertugas menjaga sektor tengah permainan, mengatur ritme permainan, dan kadang-kadang membantu juga pertahanan, baik di tengah maupun sayap.

Penyerang[sunting | sunting sumber]

Penyerang merupakan posisi yang paling dekat dengan gawang lawan. Tugas utama seorang penyerang adalah mencetak gol. Posisi penyerang adalah posisi yang membutuhkan tiga hal utama: kecepatan, teknik, dan bakat. Bila salah satu syarat di atas tidak terwujud, sulit menjadi penyerang yang andal. Penyerang juga membutuhkan naluri dan konsentrasi yang tajam.

Posisi lainnya yang juga mirip dengan penyerang adalah posisi "penyerang bayangan", atau sering disebut "penyerang lubang/ "Gelandang serang". Posisi penyerang bayangan berada tepat di belakang penyerang murni ataupun di belakang di antara 2 striker murni. Tugas penyerang bayangan sedikit lebih rumit, karena selain menerima umpan dari pemain di belakang, juga kadang-kadang harus memberi umpan terhadap pemain di depannya (penyerang murni).Penyerang bayangan juga harus membantu pertahanan ketika dibutuhkan

Penyerang bayangan[sunting | sunting sumber]

Penyerang bayangan/penyerang lubang/trequarista merupakan posisi di belakang penyerang murni dengan tugas untuk memberikan umpan akurat kepada penyerang murni, membuka pertahanan lawan, mengupayakan gol untuk timnya serta membantu pertahanan saat dibutuhkan

Penyerang murni[sunting | sunting sumber]

Penyerang utama dalam suatu tim yang berfungsi untuk membuat gol untuk timnya.

Penyerang sayap[sunting | sunting sumber]

Penyerang sayap berfungsi selain mencetak gol juga membantu serangan dari sektor sayap dengan memberikan umpan-umpan kepada penyerang murni serta membuka ruang untuk penyerang murni agar dapat mencetak gol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bolton sign Portmouth utility man Taylor[pranala nonaktif permanen], Reuters, 17 January 2008, Accessed 5 June 2008
  2. ^ The total footballer, BBC Sport Academy, Accessed 5 June 2008