Portal:Israel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh
sunting   

Portal Israel

Lambang Negara Israel
Bendera Negara Israel
Letak pada peta dunia
Gtk-redo-ltr.svg P:Israel
P:ISR

Israel (bahasa Ibrani מדינת ישראל Medinat Yisra‘el, Arab دولة إسرائيل Dawlat Isrā'īl) adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain.

Pendirian negara modern Israel berakar dari konsep Tanah Israel (Eretz Yisrael), sebuah konsep pusat Yudaisme sejak zaman kuno, yang juga merupakan pusat wilayah Kerajaan Yehuda kuno. Setelah Perang Dunia I, Liga Bangsa-Bangsa menyetujui dijadikannya Mandat Britania atas Palestina sebagai "negara orang Yahudi". Pada tahun 1947, PBB menyetujui Pembagian Palestina menjadi dua negara, yaitu satu negara Yahudi dan satu negara Arab. Pada 14 Mei 1948, Israel memproklamasikan kemerdekaannya dan ini segera diikuti oleh peperangan dengan negara-negara Arab di sekitarnya yang menolak rencana pembagian ini. Israel kemudian memenangkan perang ini dan mengukuhkan kemerdekaannya. Akibat perang ini pula, Israel berhasil memperluas batas wilayah negaranya melebihi batas wilayah yang ditentukan oleh Rencana Pembagian Palestina. Sejak saat itu, Israel terus menerus berseteru dengan negara-negara Arab tetangga, menyebabkan peperangan dan kekerasan yang berlanjut sampai saat ini. Sejak awal pembentukan Negara Israel, batas negara Israel beserta hak Israel untuk berdiri telah dipertentangkan oleh banyak pihak, terutama oleh negara Arab dan para pengungsi Palestina. Israel telah menandatangani perjanjian damai dengan Mesir dan Yordania, namun usaha perdamaian antara Palestina dan Israel sampai sekarang belum berhasil.

Selengkapnya mengenai Israel...
sunting   

Artikel pilihan

Kompleks Pusat Azrieli yang terdiri dari gedung pencakar langit tertinggi di Tel Aviv

Tel Aviv (Ibrani: תֵּל־אָבִיב; bahasa Arab: تل أبيب) adalah sebuah kota pesisir dan merupakan sebuah kota metropolitan di Israel. Selama delapan bulan dari bulan Mei sampai Desember 1948, sampai dengan direbutnya Yerusalem, Tel Aviv juga merupakan ibu kota de facto Israel. Meskipun Israel lalu menetapkan Yerusalem sebagai ibu kotanya, hanya dua negara yang mengakuinya sebagai ibu kota: El Salvador dan Kosta Rika. Semua negara yang mengakui Israel masih menganggap Tel Aviv sebagai ibu kota de jure dan menempatkan semua kedutaannya di sana. Nama "Tel Aviv" (Tel Abib) dalam bahasa Ibrani berarti 'bukit semi', sebuah judul yang diberikan pada alihbahasa buku Theodor Herzl's Altneuland (Negara Lama Baru). Nama "Tel Aviv" diambil oleh sang penterjemah, Nahum Sokolov, dari buku Yehezkiel dari Alkitab. Kota Tel Aviv sendiri memiliki penduduk sekitar 405.000 , tetapi daerah metropolitannya memiliki penduduk sekitar 3.850.100 jiwa.

sunting   

Sejarah, tokoh, tempat

sunting   

Budaya, seni, masakan

sunting   

Kutipan pilihan

sunting   

Kategori

sunting   

WikiProyek

sunting   

Gambar pilihan

Masada (Ibrani: מצדה) dilihat dari langit, di Gurun Yudea (Ibrani: מִדְבַּר יְהוּדָה‎), dengan Laut Mati dan Yordania dibelakangnya.
Kredit: Godot13

Masada (Ibrani: מצדה) dilihat dari langit, di Gurun Yudea (Ibrani: מִדְבַּר יְהוּדָה‎), dengan Laut Mati dan Yordania dibelakangnya.

sunting   

Berita

sunting   

Tahukah Anda?

  • ...Bahwa terdapat 26 Negara Muslim, 18 Negara Kristen, namun hanya 1 Negara Yahudi - Israel.
  • ...Bahwa ibukota Israel, Yerusalem, adalah kota suci bagi Yahudi, Kristen, dan Muslim.
  • ...Bahwa institusi penelitian ilmu pengetahuan Israel meraih peringkat ke-3 di dunia.[1]
  • ...Bahwa Israel meraih peringkat ke-2 dalam ilmu pengetahuan luar angkasa.[1]
  • ...Bahwa Israel adalah negara paling bahagia ke-8 di dunia.[2]

sunting   

Konten pilihan

sunting   

Topik

sunting   

Portal Terkait

sunting   

Wikimedia

Israel di Wikibooks  Israel di Wikimedia Commons Israel di Wikinews  Israel di Wikiquote  Israel di Wikisource  Israel di Wikiversity  Israel di Wiktionary 
Buku & Manual Media & Gambar Berita Kutipan Tulisan/Teks Sumber belajar Definisi
Wikibooks-logo.svg
Commons-logo.svg
Wikinews-logo.svg
Wikiquote-logo.svg
Wikisource-logo.svg
Wikiversity-logo.svg
Wiktionary-logo-en.svg
Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap

Bersihkan tembolok server

  1. ^ a b Rabbi Ephraim Shore. Israel: Defying all odds (FLV) [[Video klip]]. Israel: Aish HaTorah. Diakses pada 27 Desember 2010.
  2. ^ Israel world's 8th happiest country