Poros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Poros

Póros (bahasa Yunani: Πόρος) adalah salah satu Kepulauan Saron, yang secara administratif terletak di Prefektur Piraeus, Periferi Attiki, Yunani. Poros berada di Teluk Saron, 48 km di selatan Piraeus dan terpisah dari Peloponnesia oleh terusan selebar 200 m. Poros mencakup daerah seluas 31 km² dan berpenduduk 4.117 jiwa (2001). Wilayah Kota Poros berpenduduk 4.102 jiwa, sementara penduduk lainnya tinggal di desa Àgios Nektàrios. Di masa lalu, Poros dikenal sebagai Pógon.

Poros sebenarnya terdiri atas 2 pulau: Sfairia di selatan, yang awalnya gunung berapi di mana pusat kota Poros terletak, dan Kalavria di utara, yang merupakan bagian terbesar. Kedua pulau itu dihubungkan dengan jembatan di atas tanah genting yang sempit. Kotamadya Poros juga termasuk wilayah di Yunani Daratan, Kianí Aktí (231 jiwa.), di titik paling timur di Semenanjung Peloponnesia, antara Pulau Poros dan Idra, dekat Troizina dan Ermioni. Luas kotamadya Poros adalah 49.582 km².

Pulau yang bergunung-gunung ini berpuncak di Vigla (358 m) yang berada di barat-tengah. Pulau yang kaya akan vegetasi ini bersemak-semak di bagian utara dan jauh di barat/timurnya, sementara pinus dapat ditemukan di selatan dan tengah. Pulau bercadas ini memiliki pantai berpasir di bagian selatan dan Vaionia yang berada di utara. Poros memiliki jaringan jalan dan infrastruktur pariwisata yang baik, sehingga menjadi daerah tujuan wisata jangka pendek yang populer. Walaupun tak memiliki bandar udara, Poros dapat dijangkau melalui kapal feri atau hidrofoil dari Athena maupun dari pelabuhan di Galatas. Koordinat: 37°31′LU 23°29′BT / 37,517°LU 23,483°BT / 37.517; 23.483