Poppy Mercury

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poppy Mercury
LahirPoppy Yusfidawaty
(1972-11-15)15 November 1972
Bandung, Indonesia
Meninggal28 Agustus 1995(1995-08-28) (umur 22)
Bandung, Indonesia
Nama lainPoppy Mercury Abasi
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif1980–1995
Karier musik
GenreRock, Hard rock, Pop rock, Slow rock, Soft rock
Label
Artis terkait

Poppy Yusfidawaty atau Poppy Mercury (15 November 1972 – 28 Agustus 1995) adalah penyanyi rock berkebangsaan Indonesia, Poppy merupakan salah satu sahabat dari artis selebriti Moudy Wilhelmina dan penyanyi dangdut Cucu Cahyati. Poppy adalah anak ke-6 dari 8 bersaudara. Ia populer pada era 90an lewat lagu "Surat Undangan" dan "Antara Jakarta dan Penang". Nama "Mercury" sendiri terinspirasi dari seorang penyanyi yang merupakan vokalis grup musik Queen, Freddie Mercury yang juga menjadi idolanya. Dia adalah sahabat dan teman terdekat Nike Ardilla. Ia wafat di tahun yang sama dengan Nike Ardilla dan menyusul Benyamin S. iaitu 1995.

Karier[sunting | sunting sumber]

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Di masa kecil Poppy Mercury mulai bersekolah di SD Padjajaran Bandung kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 9 Bandung, dan tamat dari sana ia kemudian masuk di SMA Korpri Bandung. Sejak bersekolah Poppy Mercury memang senang bernyanyi dan dikenal memiliki suara yang merdu, selain itu ia dikenal mahir dalam memainkan beberapa alat musik sebut saja Piano dan juga Gitar. Selepas tamat dari SMA, ia tidak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, ia lebih memilih untuk bekerja di Bank BTPN selama 4 tahun. Dari sinilah kemudian bakat bernyanyi Poppy Mercury semakin menanjak dimulai dari ia bergabung dengan Band AS BTPN bersama sahabatnya sesama selebriti, Moudy Wilhelmina.

Kesuksesan dan Peluncuran Album Pertama[sunting | sunting sumber]

Namun Poppy memulai kariernya pada tahun 1990. Setelah berkali-kali ditolak di berbagai label rekaman, akhirnya ia diterima di Akurama Record pada tahun 1990. Single nya yang pertama berjudul Terlalu Pagi yang keluar pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 1991, ia berduet dengan penyanyi asal malaysia yaitu Saleem Iklim dalam lagu yang berjudul Fantasia Bulan Madu dan Suci Dalam Debu’ beberapa waktu kemudian, Poppy Mercury meluncurkan album perdananya yang berjudul Antara Jakarta dan Penang disusul Surat Undangan pada tahun 1992 serta Terlambat Sudah dan Antara Kau Dia dan Aku pada tahun 1993.

Puncak kesuksesan[sunting | sunting sumber]

tahun 1994 Poppy Mercury kemudian meluncurkan album lagi yang terdengar lebih Pop Rock dibanding album sebelumnya yang berjudul Biarkan Ku Pergi. Lagu utamanya di album ini ialah Biarkan Ku Pergi ini terpengaruhi oleh tiga lagu ABBA dari lagu One Of Us, Where Are You Now dari Jimmy Harnen dan Carrie dari Europe. Hingga kemudian pada tahun 1995 tiga album terakhirnya keluar yang berjudul Hati Siapa Tak Luka, Tak Mungkin Dipisahkan dan Bukan Aku Yang Kau cinta.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Poppy meninggal dunia pada tanggal 28 Agustus 1995 di Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin Bandung akibat komplikasi Maag, bronchitis/radang tenggorokan atau yang lebih dikenal dengan difteri serta Reumatik yang dideritanya. Poppy show terakhir kalinya di acara Pekan Raya Padang, tepatnya tanggal 2 Agustus 1995. Sebenarnya kondisi kesehatan Poppy sebelum berangkat sudah menurun dan ia pun beberapa kali berencana membatalkan shownya, tetapi panitia mengingatkan akan banyak penonton yang kecewa jika Poppy tidak hadir. Akhirnya Poppy pun mengabulkan permintaan panitia demi profesional kerja dan rasa cintanya yang begitu besar kepada para penggemarnya.

Sepulang dari shownya, Poppy pun sempat membagikan oleh-oleh yang dibelinya di Padang kepada keluarganya, tapi keesokan harinya kondisi kesehatan Poppy langsung menurun. Poppy tidak pernah mau dibawa ke rumah sakit karena dia lebih senang dirawat Dokter di rumah. Pada tanggal 25 Agustus 1995, karena kondisinya makin memburuk, Poppy pun dilarikan ke Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin Bandung, dan pada hari Senin 28 Agustus 1995 pukul 06.30 WIB Poppy pun menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah sebelumnya sempat tak sadarkan diri. Almarhumah Poppy dikebumikan di TPU Sirna Raga Bandung.[1]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]