Poorwo Soedarmo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prof Poorwo Soedarmo
Berkas:FotoPoerwoSoedarmo.jpg
Informasi pribadi
Lahir20 Februari 1904
Malang, Jawa Timur
Meninggal13 Maret 2003(2003-03-13) (umur 99)
Jakarta, DKI Jakarta
PekerjaanDosen, Ahli Gizi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Prof. Poorwo Soedarmo (20 Februari 1904 – 13 Maret 2003) adalah seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia asal Indonesia. Ia dikenal sebagai penggagas slogan "Empat Sehat Lima Sempurna". Nama resminya yang tercantum dalam buku biografinya menggunakan "oo" pada nama depannya.[1] Banyak generasi penerusnya pada tahun 1990-an menulisnya dengan "oe" atau "u" menjadi "Poerwo/Purwo Soedarmo". Oleh para sejawat dan murid-muridnya dikenal dengan singkatan "PS".

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Poorwo Soedarmo lahir di Malang 20 Februari 1904, lulus sekolah kedokteran STOVIA tahun 1927. Mulai tertarik dan belajar ilmu Gizi di Post Graduate Institute, London (1949) dan Institute of Nutrition, Manila (1950). Kemudian mendalami ilmu itu di School of Public Health and Nutrition, Harvard University (1954-1955) dan di Institute of Nutrition Sciences, Columbia University, New York (1960). PS adalah guru besar pertama ilmu gizi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) (1958) dan membuka Bagian Ilmu Gizi Pertama di FKUI, dan mendapat Doctor Honoris Causa dalam ilmu kedokteran, FKUI (1975).

Dia mendirikan "Akademi Ahli Diit dan Nutrisionis", yang kemudian menjadi "Akademi Gizi". Sebagai Direktur Lembaga Makanan Rakyat KemKes (1952-1959), dia adalah orang pertama yang memperkenalkan ilmu "Home Economics" di Indonesia (1957), sekarang dikenal dengan Ilmu Kesejahteraan Keluarga.

Karir[sunting | sunting sumber]

Dokter[sunting | sunting sumber]

Poorwo bekerja sebagai dokter sejak zaman Hindia Belanda. Ia bekerja sebagai dokter untuk penyakit kulit kelamin Centrale Burgerlijke Ziekeninrichtingj selama setahun. Sehabis bekerja di Batavia, ia melanjutkan sebagai dokter untuk para pekerja tambang di perusahaan Bangka Tin Winning yang berada di Toobali. Selama di Toobali, dia tidak hanya menjadi dokter untuk para pekerja tambang, melainkan penduduk sekitar juga dia rawat.[2]

Akademi Gizi[sunting | sunting sumber]

Poorwo mendirikan Akademi Gizi yang pada awalnya merupakan sekolah ahli makanan. Sekolah ahli makanan kemudian berkembang menjadi Akademi Pendidikan Nutrisionis hingga akhirnya berubah menjadi Akademi Gizi. Sekolah ini merupakan sekolah yang digunakan untuk mendidik ahli-ahli gizi.[2]

Empat Sehat Lima Sempurna[sunting | sunting sumber]

PS juga dikenal sebagai penggagas slogan Empat Sehat Lima Sempurna pada tahun 1950an yang sangat dikenal diberbagai lapisan masyarakat sampai saat ini. Dengan slogan ini PS dengan LMRnya mempopulerkan gizi secara praktis, dan membuat masyarakat dan pemerintah Indonesia mulai sadar gizi pada awal tahun 1960an. Kalaupun saat ini slogan Empat Sehat Lima Sempurna telah diganti dengan Gizi Seimbang, oleh karena ilmu gizi terus berkembang. Itu tidak berarti nama PS dilupakan orang tetapi tetap tercatat dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahun gizi sebagai perintis dan bapak ilmu gizi Indonesia, sebagaimana Lavoisier (1743-1794) selain dikenal sebagai bapak ilmu kimia, juga dikenal sebagai bapak ilmu gizi dunia yang merintis penemuan ilmu gizi diawal abad ke-19. Demikian juga Wilbur Atwater, bapak gizi Amerika Serikat (1844-1907), seorang sarjana kimia pertanian yang pertama kali menganalisis dan menemukan komposisi zat-zat gizi dalam bahan makanan. Meskipun tidak diumumkan sebagai bapak gizi, tiap negara mempunyai tokoh yang merintis perkembangan gizi dinegara masing-masing seperti Gopalan (India), Toisho (Jepang), Aree Valyasevi (Thailand).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Makam Poorwo Soedarmo di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata

Poorwo Soedarmo wafat pada tanggal 13 Maret 2003 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poorwo Soedarmo. "Gizi dan Saya", Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 1995.
  2. ^ a b Wibisana, Chris. "Poorwo Soedarmo: Bapak Gizi Indonesia, Pencipta 4 Sehat 5 Sempurna". tirto.id. Diakses tanggal 2023-11-18. 
  3. ^ "Daftar Makam Tahun 2002-2004". Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-15. Diakses tanggal 7 Januari 2022. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bahan-bahan yang dirangkum dan diringkas oleh Prof.Soekirman (Guru Besar (Emiritus) Ilmu Gizi IPB), mantan anak didik Prof. Poorwo Sodarmo tahun 1956-1980an dari sumber: Buku Biografi Poorwo Soedarmo, Gizi dan Saya, 1995, dan kutipan dari Ensiklopedi Tokoh Indonesia, 2002.