Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PPMI Assalaam
Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam
Logo assalaam.jpg
Didirikan 7 Agustus 1982
Jenis Pesantren
Pimpinan Drs. H. Uripto Mahmud Yunus
Lokasi Jawa Tengah, , ,
Situs web www.assalaam.or.id
Masjid PPMI Assalaam, siang hari

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam adalah sebuah pondok pesantren Islam yang berlokasi di desa Pabelan kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, biasa disingkat dengan PPMI Assalaam, adalah lembaga pendidikan swasta Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (YMPIS).

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, biasa disingkat dengan PPMI Assalaam adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang didirikan oleh Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (MPI) yang didirikan oleh H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

PPMI Assalaam berdiri pada tanggal 17 Syawal 1402 H bertepatan dengan tanggal 7 Agustus 1982 M, berlokasi di Jalan Yosodipuro No. 56 Punggawan Surakarta menempati tanah seluas 2.845 m, wakaf dari keluarga H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah, pemilik percetakan PT. Tiga Serangkai Solo.

Sebelum PPMI Assalaam berdiri kegiatan pendidikan yang dilakukan adalah kegiatan Madrasah Diniyyah Awaliyah (MDA), kemudian atas tuntutan masyarakat YMPI mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan sistem asrama yang merupakan cikal bakal berdirinya Pondok Modern yang waktu itu diberi nama Pondok Pesantren Punggawan, meminjam nama desa dimana kegiatan pendidikan dipusatkan.

Pada tanggal 20 Juli 1985 nama Assalaam secara resmi digunakan, serta sekaligus menandai awal mula digunakannya kampus baru di desa Pabelan Kartasura Sukoharjo di atas areal tanah wakaf seluas 5,6 Ha dari keluarga H. Abdullah Marzuki (alm) dan Hj. Siti Aminah Abdullah.Bangunan yang terdapat pada saat itu terdiri dari ruang kelas, gedung olah raga (GOR), asrama santri, perumahan guru dan pengasuh, dapur dll. Bersamaan dengan itu pula didirikan Madrasah Aliyah (MA) sebagai kelanjutan dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Assalaam, serta sebagai jawaban dari tuntutan masyarakat terhadap PPMI Assalaam.

Pada tahun 1986/1987 didirikan Madrasah Takhasush sebuah kelas persiapan untuk calon santri yang akan melanjutkan ke MA Assalaam yang berasal dari SLTP umum di luar Assalaam. Pada tahun 1988/1989 didirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Assalaam dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan pendidikan yang terjadi di luar Assalaam. Memasuki tahun pelajaran 2005/2006, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di idirikan. yang mengambil program keahlian Komputer dan Jaringan dan Persiapan Grafika. SMK bermaksud untuk mencetak tenaga profesional dengan tetap berwawasan pada nilai-nilai Keislaman.

Pada perkembangan lebih lanjut Yayasan MPI Surakarta yang diketuai oleh Hj. SIti Aminah Abdullah memperluas areal pondok dengan membeli tanah di desa Gonilan Kartasura seluas 38.600 m. Areal ini sekarang telah dikembangkan sehingga sudah berdiri bangunan kelas 3 lantai untuk belajar, Lapangan Olah Raga serta perumahan guru dan pengasuh. Dengan demikian sekarang ini PPMI Assalaam menempati areal seluas kurang lebih 10 hektare dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap dan modern.

Di usianya yang ke-29 pada tahun 2011, PPMI Assalaam telah mencetak ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai negara di dunia. Dahulu para alumni Assalaam ini terwadahi dalam sebuah organisasi yang bernama IKMAS (Ikatan Keluarga Ma'had Assalaam Surakarta) dan telah berperan aktif diberbagai bidang dalam kehidupan masyarakat dan negara. Namun seiring berkembangnya situasi, kini berdiri pula Alumni Assalaam Community.

Profil[sunting | sunting sumber]

Unit Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Jenjang pendidikan menengah pertama di PPMI Assalaam yang setara dengan SMP dan menginduk ke Kemenag.
  • Madrasah Aliyah (MA)
Jenjang pendidikan menengah atas di PPMI Assalaam yang setara dengan SMA dan menginduk ke Kemenag.
  • Madrasah Takhashushiyah (MTKs)
Jenjang pendidikan ekpserimentasi/persiapan untuk masuk ke sekolah menengah atas di PPMI Assalaam.
  • Sekolah Menengah Atas (SMA)
Jenjang pendidikan menengah atas (SMA) di PPMI Assalaam yang menginduk ke Kemendikbud.
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Jenjang pendidikan menengah atas di PPMI Assalaam yang menginduk ke Depdiknas dengan dua jurusan, yakni TKJ dan Persiapan Grafika.

Kurikulum dan pelajaran[sunting | sunting sumber]

Kurikulum di PPMI Assalaam adalah 200%, 100% umum dan 100% kepondokan.

  • Program akselerasi untuk madrasah tsanawiyah dan SMA dengan masa belajar dua tahun. Juga ada kelas Akselerasi dan kelas International di MTs.
  • Program intensif Kulliyatul Qur'an wal Hadits (KTQ) yang mengkhususnya menghafal kitab suci al-qur'an.
  • Bahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar santri memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari pengetahuan umum.
  • Pengasuhan santri adalah bidang yang menangani kegiatan ekstrakurikuler dan kulikuler. Setiap siswa wajib untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.
  • Keterampilan, kesenian, dan olahraga tidak masuk kedalam kurikulum tetapi menjadi aktivitas ekstrakurikuler.
  • Siswa diajarkan untuk bersosialisasi dengan membentuk masyarakat sendiri di dalam pondok menggunakan organisasi-organisasi. Mulai dari ketua asrama, ketua kelas, ketua kelompok, organisasi intra/ekstra, ketua regu pramuka, hingga ketua konsulat.
  • Jam belajar di PPMI Assalaam dimulai pada jam 04.30 saat salat shubuh dan berakhir pada pukul 22:00. Pendidikan formal dimulai dari pukul 07:00 - 12:40. Pengasuhan/kesantrian dimulai pukul 22.00

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kompleks pondok pada umumnya terdiri dari Assalaam Center, Aula Santriwati, Gedung Perkantoran Direktorat, Resto, Perpustakaan, dan lain-lain. Bangunan asrama melingkari bangunan sekolah.

Terdapat juga:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]