Pondok Pesantren Al Barokah Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pondok Pesantren Al Barokah Sidoarjo
Informasi
Didirikan 1900-an
Jenis Pesantren
Program/jurusan/
peminatan
Dakwah
Rentang kelas Cabe Rawit (usia 5-12 tahun), Menulis Arab, Bacaan Al Qur’an, Tafsir Lambatan Jawa, Tafsir Lambatan Indonesia, Tafsir Cepatan Jawa, Tafsir Cepatan Indonesia, Ujian/ Test, dan Lanjutan/ Terampil.
Kurikulum tradisional plus
Alamat
Lokasi desa Seruni Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Telp./Faks. 0318910212
Afiliasi Islam

Salah satu pusat pendidikan agama Islam di bawah pengelolaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) adalah Pondok Pesantren Al Barokah di desa Seruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, Telpon 0318910212. Pondok Pesantren ini lokasinya sangat strategis, kurang lebih perjalanan hanya 10 menit ke Terminal Purabaya di Bungurasih atau ke Bandara Internasional Juanda. Tidak mengherankan bila banyak santri dari luar kota bahkan luar Jawa yang berguru di sini.

Cikal bakal Pondok Pesantren Al Barokah sebenarnya dimulai tahun 1900-an pada masa pemerintahan Belanda. Waktu itu lokasinya di Seruni Pesantren yaitu sebelah utara pondok pesantren yang ada sekarang. Kemudian pada tahun 1980-an dikembangkan kembali oleh ulama-ulama LDII antara lain; KH. Hasbiyalloh, KH Solikin Kawari.

Dididukung oleh lima orang pengajar/ustadz, Pondok Pesantren Al Barokah saat ini mendidik 105 (seratus lima orang) terdiri dari 40 orang santri pria dan 65 orang santri wanita.

Kurikulum pengajaran di Pondok Pesantren Al Barokah ini meliputi;

  1. Nahwu, Shorof dan Tajwid
  2. Al-Quran ; Bacaan dan Tafsir
  3. Hadist himpunan; Makna dan Keterangan
  4. Hafalan Doa dan Dalil

Pranala luar[sunting | sunting sumber]