Pondok Paman Tom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Interior gubuk Paman Tom yang «sesungguhnya», yakni Riley House, Bethesda, Maryland, Amerika Serikat. Budak dan pendeta Josiah Henson mengilhami Harriet Beecher Stowe menulis buku terkenal ini.

Pondok Paman Tom (atau Gubuk Paman Tom; bahasa Inggris: Uncle Tom's Cabin atau Life Among the Lowly) ialah novel karya Harriet B. Stowe, terbit di Amerika Serikat dan Europa (Tauchnitz, Leipzig) pada tahun 1852. Sebelum itu ceritanya sudah diterbitkan dalam bentuk 40 bagian seri mingguan di penerbitan berkala milik abolisionis, "National Era" , mulai tanggal 5 Juni 1851.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Harriet Elizabeth Beecher Stowe, seorang guru kelahiran Connecticut dari Hartford Female Academy dan seorang abolisionis aktif, menulis cerita ini untuk penerbitan berkala dan memfokuskan novel ini pada tokoh Paman Tom, seorang budak hitam.

Plot[sunting | sunting sumber]

Diceritakan awalnya Paman Tom dimiliki oleh keluarga Arthur Selby dari Kentucky, lalu dijual kepada Augustine St. Claire dari Louisiana, dan akhirnya kepada Simon Legree, yang memperlakukan Tom dengan kejam, hingga menyebabkan kematiannya.

Pondok Paman Tom ditulis dengan gaya sentimental dan melodramatik yang umum pada novel dan fiksi dalam negeri (juga disebut fiksi wanita) abad ke-19 itu. Segera setelah diterbitkan, novel ini menyebabkan kegemparan di seluruh Amerika Serikat, dan mendapatkan hujan kritik dari Amerika bagian Selatan. Pengaruh buku ini begitu besar sehingga ketika bertemu dengan Harriet Beecher pada awal Perang Saudara Amerika, Presiden Abraham Lincoln berkata padanya, "Jadi inilah nyonya kecil yang membuat perang besar ini."

Novel ini laris, terjual hingga 1 juta kopi.

Wikidata: Uncle Tom's Cabin