Pomp and Circumstance Marches

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

"Mars Pomp and Circumstance" ("Pomp and Circumstance Marches", judul lengkap "Pomp and Circumstance Military Marches"), Op. 39, adalah serangkaian mars untuk orkestra gubahan Sir Edward Elgar. Di Amerika Serikat, mars no. 1 dalam D dikenal secara luas sebagai "Pomp and Circumstance".

Frasa pomp and circumstance berarti pergelaran raya dari kemegahan upacara dan kerumitan formalitas seperti umum terlihat pada upacara penobatan raja atau ratu, dan pemakaman kepala negara.[1] Frasa ini dipopulerkan oleh Shakespeare dalam sandiwara Othello Babak III adegan III. Kata pomp berarti pameran kemuliaan dan prestise, asal dari bahasa Latin: pompa yang berarti prosesi, dari bahasa Yunani yang berarti mengirim. Pada frasa pomp and circumstance, arti kata circumstance pada awal abad ke-14 adalah upacara atau kemeriahan yang digelar mengenai sebuah peristiwa penting.[1] Asal kata circumstance adalah bahasa Latin circumstare, arti harfiah: berdiri-diri; bentuk jamak yang umum dipakai sekarang: circumstances, berarti keadaan yang berkaitan dengan sesuatu, tempat, waktu, sebab-akibat dari sebuah tindakan atau keadaan.[1]

Judul[sunting | sunting sumber]

Judul "Pomp and Circumstance" diambil dari Babak III, adegan III Othello dari Shakespeare:

Teks asli Terjemahan bahasa Indonesia

Farewell the neighing steed and the shrill trump,
The spirit-stirring drum, th'ear-piercing fife,
The royal banner, and all quality,
Pride, pomp, and circumstance of glorious war!"[2]

Selamat tinggal ringkik kuda dan sangkakala trompet,
Genderang pemberi semangat, seruling penembus pendengaran,
Panji kerajaan dan segala makna,
Kebanggaan, upacara, dan segala kemuliaan perang!"

Mars Pomp and Circumstance terdiri dari enam bagian:

  • Mars No. 1 dalam D (1901)
  • Mars No. 2 dalam A minor (1901)
  • Mars No. 3 dalam C minor (1904)
  • Mars No. 4 dalam G (1907)
  • Mars No. 5 dalam C (1930)
  • Mars No. 6 dalam G minor (ditulis sebagai sketsa, digarap oleh Anthony Payne pada tahun 2005–2006)

Lima bagian pertama diterbitkan oleh Boosey & Co. sebagai Elgar's Op. 39, masing-masing bagian dipersembahkan oleh sahabat Elgar di kalangan musik. Setiap bagian berdurasi kira-kira lima menit.[3]

Mars No. 1 dalam D[sunting | sunting sumber]

Persembahan[sunting | sunting sumber]

Mars No. 1 digubah pada tahun 1901, dan "Dipersembahkan untuk kawanku Alfred E. Rodewald beserta para anggota Liverpool Orchestral Society".

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: 2 piccolo (kedua ad lib.), 2 flute, 2 oboe, 2 klarinet dalam A, klarinet bass dalam A, 2 bassoon, kontrabassoon, 4 horn dalam F, 2 trumpet dalam F, 2 kornet dalam A, 3 trombon, tuba, timpani (3), perkusi (bass drum, simbal, triangle, side drum, jingle, dan tamburin ad lib.), 2 harpa, organ (dimainkan pada bagian akhir melodi agung), dan alat musik gesek.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mars No. 1 adalah bagian paling terkenal dari keseluruhan set. Lagu ini dipertunjukkan pertama kali bersama-sama dengan Mars No. 2 oleh Liverpool Orchestral Society dengan dirigen Alfred Rodewald, di Liverpool, 19 Oktober 1901. Keduanya kemudian dimainkan dua hari berikutnya di London Promenade Concert, Queen's Hall, London dengan dirigen Henry Wood, namun dengan urutan yang dibalik. Mars No. 1 dimainkan setelah Mars No. 2, dan penonton "...bangkit dan bersorak... peristiwa satu-satunya dalam sejarah konser Promenade, sebuah gubahan orkestra disambut dengan ancora ganda."[4]

Bagian trio berisi melodi yang dikenal sebagai "Land of Hope and Glory". Pada tahun 1902, melodi ini dipakai kembali, dalam bentuk modifikasi untuk bagian Land of hope and glory pada Coronation Ode untuk Raja Edward VII. Lirik selanjutnya diubah lagi agar cocok dengan melodi aslinya, dan bentuk akhirnya telah menjadi lagu wajib di pergelaran Last Night of the Proms, sekaligus lagu kebangsaan tidak resmi tim olahraga Inggris.

Di Amerika Serikat, bagian trio dari "Land of Hope and Glory" Mars No. 1 umumnya hanya disebut "Pomp and Circumstance" atau "The Graduation March" ("Mars Wisuda") dan dimainkan sebagai lagu pengiring prosesi di hampir semua sekolah menengah atas dan sejumlah upacara wisuda perguruan tinggi.[5] Lagu ini pertama kali dimainkan dalam lingkup perguruan tinggi pada 28 Juli 1905 di Universitas Yale. Profesor Musik Samuel Sanford mengundang Edward Elgar untuk menghadiri upacara penyerahan gelar kehormatan Doktor Musik dari Yale. Elgar menerima undangan tersebut, dan Sanford membuatnya sebagai bintang dalam upacara. Ia mengundang New Haven Symphony Orchestra, College Choir, Glee Club, staf pengajar musik, dan pemusik dari New York untuk memainkan dua bagian dari oratorio The Light of Life karya Elgar. "Pomp and Circumstance" Mars No. 1 dimainkan pada prosesi para wisudawan dan pejabat universitas. Pada akhir tahun, Elgar membalas penghormatan tersebut dengan mempersembahkan Introduction and Allegro untuk Sanford.[6] "Pomp and Circumstance" segera populer sebagai "lagu wajib" pada pesta-pesta wisuda di Amerika Serikat, terutama dipakai sebagai lagu prosesi pada pembukaan acara wisuda (di Universitas Yale, lagu ini dipakai sebagai lagu penutup upacara wisuda).[7]

Mars No. 2 dalam A minor[sunting | sunting sumber]

Persembahan[sunting | sunting sumber]

Mars No. 2 digubah pada tahun 1901, dipersembahkan "Untuk temanku Granville Bantock".

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: piccolo, 2 flute, 2 oboe, 2 klarinet dalam A, klarinet bass dalam A, 2 bassoon, kontrabassoon, 4 horn dalam F, 2 trompets dalam F, 2 kornet dalam A, 3 trombon, tuba, timpani (3), perkusi (2 side drum,[8] triangle, glockenspiel & jingle, bass drum & simbal), dan alat musik gesek.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mars No. 2 pertama kali dimainkan bersama dengan Mars No. 1 oleh Liverpool Orchestral Society pimpinan Alfred Rodewald, di Liverpool, 19 Oktober 1901. Keduanya dimainkan ulang dua hari kemudian di London Promenade Concert.

Mars No. 3 dalam C minor[sunting | sunting sumber]

Persembahan[sunting | sunting sumber]

Mars No. 3 diselesaikan pada November 1904 dan diterbitkan pada tahun 1905. Gubahan ini dipersembahkan "Untuk temanku Ivor Atkins", pertama kali dipertunjukkan 8 Maret 1905 di Queen's Hall, London, dengan Elgar sendiri sebagai dirigen.

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: piccolo, 2 flute, 2 oboe, cor anglais, 2 klarinet dalam B, klarinet bass dalam B, 3 bassoon,[9] kontrabassoon, 4 horn dalam F, 2 trompet dalam B, 2 kornet dalam B, 3 trombon, tuba, timpani (3), perkusi (tenor drum, side drum, bass drum & simbals), dan alat musik gesek.

Mars No. 4 dalam G[sunting | sunting sumber]

Mars No. 4 bernada riang dan seremonial mirip dengan Mars No. 1, berisi melodi bernada agung pada bagian Trio.

Persembahan[sunting | sunting sumber]

Mars No. 4 selesai digubah pada 7 Juni 1907, dan dipersembahkan "Untuk temanku Dr. G. Robertson Sinclair, Hereford".[10] Mars No. 4 pertama kali dipertunjukkan pada 24 Agustus 1907 di Queen's Hall, London, dengan Elgar sendiri sebagai dirigen.

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: piccolo (dengan flute ketiga), 2 flute, 2 oboe, cor anglais, 2 klarinet dalam B, bass klarinet dalam B, 2 bassoon, kontrabassoon, 4 horn dalam F, 3 trompet dalam A, 3 trombon, tuba, timpani (3), perkusi (side drum, bass drum & simbal), 2 harpa, dan alat musik gesek.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bagian trio dipakai oleh Elgar dalam sebuah lagu berjudul "The King's Way" yang ditulisnya dengan lirik karya istrinya untuk merayakan pembukaan sebuah jalan baru di London yang diberi nama Kingsway.

Semasa Perang Dua II, Mars No. 4 juga mendapat lirik baru, sebuah puisi patriotik oleh A. P. Herbert dengan refrain yang dimulai dengan "Semua manusia harus bebas", dipakai sebagai "Song of Liberty".[11]

Mars No. 5 dalam C[sunting | sunting sumber]

Persembahan[sunting | sunting sumber]

Mars No. 5 digubah pada tahun 1930, lebih muda dibandingkan kelima mars lainnya, dipersembahkan "Untuk temanku Dr. Percy C. Hull, Hereford". Mars ini pertama kali dipertunjukkan di hadapan publik pada 20 September 1930 dalam sebuah konser di Queen's Hall dengan dirigen Sir Henry Wood. Dua hari sebelumnya, mars ini direkam di Kingsway Hall, London, dengan Elgar sendiri sebagai dirigen meski kesehatannya buruk.[12]

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: piccolo, 2 flute, 2 oboe, cor anglais, 2 klarinet dalam B, klarinet bass dalam B, 2 bassoon, kontrabassoon, 4 horn dalam F, 3 trompet dalam B, 3 trombon, tuba, timpani (3), perkusi (side drum, bass drum & simbal), dan alat musik gesek.

Mars No. 6 dalam G minor[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Elgar meninggalkan sketsa-sketsa untuk mars keenam Pomp and Circumstance yang menurut rencananya sebagai bagian terakhir. Pada tahun 2005, sketsa-sketsa ini dikirim oleh pengacara Elgar Will Trust dalam sebuah bundel kepada komponis Inggris Anthony Payne. Di dalam bundel tersebut juga dilampiri sebuah artikel berjudul "Circumstantial Evidence" oleh kuasa Elgar yang bernama Christopher Kent. Artikel tersebut menjelaskan tentang sketsa-sketsa yang ditulis Elgar, diterbitkan dalam Musical Times edisi August 1997. Sebuah ide pada sketsa ditandai sendiri oleh Elgar sebagai "jolly good" (sangat bagus) dengan maksud untuk membantu pembaca. Kent percaya bahwa waktu itu pikiran dan waktu Elgar untuk menggubah sedang disibukkan dengan Simfoni Ketiga dan The Spanish Lady, sementara tema utama untuk mars ini "tidak menjanjikan".

Payne memutuskan bahwa sketsa karya Elgar masih tidak cukup untuk menyelesaikan mars ini, tapi beruntungnya, tiga halaman partitur tulisan tangan Elgar yang diberi tanda "P&C 6" ditemukan di Perpustakaan Colles Royal School of Church Music. Pada tahun 2006, partitur ini dan sketsa karya Elgar diubahnya menjadi versi yang dapat dimainkan. Payne menulis dalam daftar acara konser bahwa "Tidak ada di mars-mars Pomp and Circumstance lainnya Elgar memadukan compound metrum dan dupel metrum seperti ini". Payne mengakhiri gubahan ini dengan sebuah kiasan singkat dari Mars Pomp and Circumstance bagian pertama.

Pertunjukan pertama dunia dilakukan 2 Agustus 2006 dengan Andrew Davis sebagai dirigen BBC Symphony Orchestra pada konser The Proms di Royal Albert Hall. Rekaman pertama dibuat bersama BBC National Orchestra of Wales di bawah pimpinan Richard Hickox.

Instrumentasi[sunting | sunting sumber]

Ragam alat musik: piccolo, 2 flute, 2 oboe, cor anglais, 2 klarinet dalam B, klarinet bass dalam B, 2 bassoon, kontrabassoon, 4 horn dalam F, 3 trompets dalam B, 3 trombone, tuba, timpani (4), perkusi (side drum, simbal, bass drum, jingle, glockenspiel), dan alat musik gesek.

Aransemen[sunting | sunting sumber]

Solo piano: Empat mars pertama diaransemen oleh Adolf Schmid dan Mars No. 5 oleh Victor Hely-Hutchinson.

Piano duo: Mars No. 1 diaransemen oleh Adolf Schmid.[13]

Aransemen untuk organ: Mars No. 1 diaransemen oleh Edwin H. Lemare dan Mars No. 4 diaransemen oleh G. R. Sinclair.[10] Mars No. 1 hingga Mars No. 5 telah diaransemen dalam bentuk disederhanakan dan diringkas oleh William McVicker; transkripsi konser Mars No. 2, No. 3, dan No. 5, persis dengan aransemen Lemare dan Sinclair, dibuat oleh Michael Brough untuk digunakan di Holy Trinity Sloane Street, namun belum diterbitkan.

Aransemen untuk korps musik militer: Keempat mars pertama diaransemen oleh M. Retford dan Mars No. 5 oleh T. Conway Brown.[14]

Aransemen untuk brass band: March No. 1 diaransemen oleh (transposed to B) oleh J. Ord Hume.[15]

Rekaman[sunting | sunting sumber]

  • Rekaman pertama (Mars 1 dan 4) dibuat pada January 1915, dengan Elgar sendiri memimpin sebuah 'Orkestra Simfoni'. Rekaman akustik ini dibuat untuk Gramophone Company dengan label H.M.V., pada disc D179.[16]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Pomp and Circumstance: And, in the distance, the baying of creditors grows louder.". The Word Detective. Diakses 2012-08-03. 
  2. ^ "Othello, Act III". William Shakespeare: The Complete Works. Diakses 23 May 2007. 
  3. ^ Boosey & Hawkes full score
  4. ^ Henry Wood, My Life of Music p. 154
  5. ^ Pomp and Circumstance, NPR Music .
  6. ^ Beswick Whitehead, James, Elgar's English Twilight, an Idyll, diarsipkan dari aslinya tanggal 2012-06-30 .
  7. ^ "Why Americans graduate to Elgar". Elgar – His Music. Elgar Foundation. 8 December 2006. Diakses 7 June 2007. 
  8. ^ Side drum kedua ad. lib.
  9. ^ Instrumentasi untuk gubahan ini tidak umum, tiga basoon dan bukannya dua basoon seperti biasa.
  10. ^ a b Pada waktu itu, Dr. George Robertson Sinclair adalah organis energetik di Katedral Hereford dan G.R.S. pada Enigma Variations
  11. ^ Elgar Foundation. "Pomp and Circumstance Marches nos. 1–5, Op. 39". Elgar – His Music. Diakses 20 May 2007. 
  12. ^ Moore, p. 786
  13. ^ Adolf Schmid (1868–1958)
  14. ^ Thomas Conway Brown
  15. ^ Lieutenant J. Ord Hume L.F.
  16. ^ Kennedy, p.302

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kennedy, Michael (1987). Portrait of Elgar (ed. Third edition). Oxford: Clarendon Press. ISBN 0-19-284017-7. 
  • Maine, Basil (1933). Edward Elgar: His Life and Works, vol. 2: Works. London: G. Bell & Sons Ltd. 
  • McVeagh, Diana M. (2007). Elgar the Music Maker. London: Boydell Press. ISBN 978-1-84383-295-9. 
  • Moore, Jerrold N. (1984). Edward Elgar: a creative life. Oxford: Oxford University Press. ISBN 0-19-315447-1. 
  • Wood, Henry, My Life of Music (London, 1938)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]