Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Poltekkes Surabaya)
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya
Logo Poltekkes Kemenkes Surabaya
JenisPoliteknik Kesehatan
Didirikan12 Nopember 2001
Lembaga induk
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
RektorLutfi Rusyadi, SKM, M.Sc
Lokasi,
Indonesia
Situs webpoltekkesdepkes-sby.ac.id

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya (disingkat Poltekkes Kemenkes Surabaya atau Polkesbaya) adalah sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes Surabaya merupakan satu dari 38 Poltekkes yang ada di Indonesia.

Lokasi Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus pusat Poltekkes Kemenkes Surabaya berada di Jl. Pucang Jajar Tengah 56 Surabaya, Jawa Timur. Poltekkes Kemenkes Surabaya juga memiliki kampus cabang di berbagai wilayah di Jawa Timur.[1] Terdiri dari :

  • Kampus Soetomo Surabaya di Jl. Mayjend. Prof. Dr. Moestopo No. 8 C dekat RSUD dr. Soetomo
  • Kampus Sutopo Surabaya, di Jl. Parangkusumo No. 1 Surabaya dekat RS UPT Vertikal Surabaya
  • Kampus Sidoarjo
  • Kampus Bangkalan
  • Kampus Tuban
  • Kampus Bojonegoro
  • Kampus Magetan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Departemen Kesehatan RI membuka dan melaksanakan Pendidikan Kedinasan Bidang Kesehatan baik dalam jenjang Pendidikan Menengah (JPM) seperti Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Sekolah Bidan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK), Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), dll., maupun Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) seperti Akademi Keperawatan (Akper), Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dan emi Teknik Elektromedik (ATEM).

Sekitar tahun 1989, sekolah-sekolah Departemen Kesehatan yang tergabung pada Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) dikonversi menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) yang disebut Akademi, seperti Sekolah Perawat dan Sekolah Bidan dikonversi menjadi Akademik Keperawatan dan Akademi Kebidanan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan menjadi Akademi Analis Kesehatan, Sekolah Pengatur Rawat Gigi menjadi Akademi Kesehatan Gigi.

Sekolah-sekolah Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) yang dikonversi menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) kemungkinan untuk melembaga dirasakan banyak kesulitan, maka salah satu antisipasi yang terbaik pada saat itu agar efektif dan efisien adalah dengan dikembangkan kelembagaannya menjadi Politeknik Kesehatan Surabaya (Poltekkes) termasuk diantaranya adalah 13 Akademi Kesehatan yang ada di Jawa Timur melembaga menjadi Politeknik Kesehatan Surabaya sesuai dengan Surat Keputusan Menkes-Kesos Nomor 1207/MENKES-KESOS/SK/2001 tanggal 12 Nopember 2001, tangga 12 Nopember adalah hari Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Moto Jumatan[sunting | sunting sumber]

  • Jujur

Poltekkes Kemenkes Surabaya dalam membangun organisasi dilandasi budaya jujur dalam perbuatan (kinerja) dimulai dari kejujuran para pemimpinnya.

  • Amanah

Budaya jujur perlu diimbangi dengan amanah, artinya semua pekerjaan yang dilakukan semuannya dapat dipercaya dan diandalkan sehingga cita-cita organisasi dapat terwujud.

  • Taat

Budaya jujur dan amanah dijalankan dengan ketaatan terhadap hukum syariat agama dan hukum pemerintah sehingga kinerja Poltekkes Kemenkes Surabaya selalu berada di jalur yang benar dan lurus.

  • Semangat

Budaya jujur, amanah dan taat hanya bisa dicapai manakala semua unsur sumber daya manusia di lingkup Poltekkes Kemenkes Surabaya semangat untuk menjalankan misi organsiasi untuk mencapai visi berupa menjadikan Poltekkes Kemenkes Surabaya sebagai pusat pendidikan tenaga kesehatan yang memiliki moralitas dan integritas dengan keunggulan kompetitif.

Jurusan[sunting | sunting sumber]

Jurusan Program Kampus
Keperawatan D-3 D-4 Kampus Soetomo Surabaya
Kampus Sutopo Surabaya
Kampus Sidoarjo
Kampus Tuban
Kebidanan D-3 D-4 Kampus Soetomo Surabaya
Kampus Bangkalan
Kampus Magetan
Kesehatan Lingkungan D-3 D-4 Kampus Surabaya
Kampus Magetan
Teknik Elektro Medik D-3 D-4 Kampus Surabaya
Analis Kesehatan D-3 D-4 KampusSurabaya
Keperawatan Gigi D-3 D-4 Kampus Surabaya
Gizi D-3 Kampus Surabaya

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]