Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan di Tasikmalaya atau yang biasa disingkat dengan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya adalah sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Tasikmalaya beralamat di jalan Cilolohan No. 35, Tasikmalaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an berdiri Sekolah Penjenjang Kesehatan di Tasikmalaya, kemudian ditingkatkan menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang memiliki Program Studi D-I, Program Pendidikan Bidan (PPB) dan Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG).

Pada tahun 1993 Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Tasikmalaya ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Keperawatan (AKPER), Akedemi Kebidanan (AKBID) dan Akademi Kesehatan Gigi (AKG).

Pada tanggal 16 April 2001 dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 268/MenKes-Kesos/SK/IV/2001 secara resmi 3 Akademi yang ada di Tasikmalaya dan 2 Akademi di Cirebon digabungkan menjadi satu institusi pendidikan kesehatan dengan nama Politeknik Kesehatan Kementerian Tasikmalaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.poltekkestasikmalaya.ac.id/profil/visi-misi/