Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III
Didirikan 2001
Jenis Perguruan Tinggi Kedinasan, di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lokasi Jl. Arteri JORR Jatiwarna Pondok Melati Bekasi
Situs web www.poltekkesjakarta3.ac.id
Logo poltekkes jakarta iii.png

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di Jakarta dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, dibawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada dibawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Poltekkes Jakarta III ini pada awalnya adalah akademi-akademi (Keperawatan, Kebidanan dan Analis Kesehatan) yang berada di bawah Departemen Kesehatan. Program studi (Prodi) Keperawatan Kimia 17 berasal dari Akademi Keperawatan yang telah berdiri sejak tahun 1962 dan saat ini menjadi Program Studi D III Keperawatan di Jalan Kimia 17 Jakarta Pusat. Akademi Keperawatan Persahabatan merupakan konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang berdiri sejak tahun 1976 saat ini telah menjadi Program Studi D III Keperawatan Persahabatan yang berlokasi di jalan Raya Persahabatan Jakarta Timur. Program Studi D-III Keperawatan Anestesi yang pada awalnya Akademi Keperawatan Anestesi saat ini menjadi Program Studi D-III Keperawatan Anestesi Ketiga Prodi D III Keperawatan tersebut berada di bawah Jurusan Keperawatan Poltekkes Jakarta III.

Program Studi D III Kebidanan Cipto Mangunkusumo yang berlokasi di jalan Pulo Mas Barat V Jakarta Timur dan Program studi D-III kebidanan Harapan Kita yang berlokasi di Jln. Let Jen. S. Parman-Slipi Jakarta Barat, masing – masing, berawal dari Akademi Kebidanan yang merupakan konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang berdiri sejak tahun 1980. Jurusan Analis Kesehatan berasal dari Akademi Analis Kesehatan yang merupakan konversi dari Sekolah Menengah Analis Kesehatan sejak tahun 1997.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI nomor 298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan maka enam (6) institusi tersebut di atas disatukan dalam sebuah lembaga menjadi Politeknik Kesehatan Jakarta III.

Dengan demikian Poltekkes Jakarta III saat ini terdiri dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Analis Kesehatan dan Fisiotherapi yang menhasilkan tenaga perawat, bidan dan analis kesehatan pada jenjang ahli madya dan Sarjana Sains Terapan.Direktorat Poltekkes Kemkes Jakarta III berkedudukan di Jalan Arteri JORR Jati Warna Pondok Melati Bekasi.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Politeknik Kesehatan Kemkes Jakarta III menyelenggarakan program pendidikan yang terbagi ke dalam jurusan-jurusan sebagai berikut:

  • Jurusan Analis Kesehatan
    • D III Analis Kesehatan
    • D IV Analis Kesehatan
  • Jurusan Kebidanan
    • D III Kebidanan, Cipto Mangunkusumo
    • D III Kebidanan, Harapan Kita
    • D IV Bidan Pendidik
  • Jurusan Keperawatan
  • Jurusan Fisioterapi