Pokémon: Jirachi Wish Maker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pokémon Jirachi: Wish Maker
Pokémon Jirachi Wish Maker.jpg
Sutradara Kunihiko Yuyama
Eric Stuart
Kathy Pillion
Produser Norman J. Grossfeld
Kathy Borland
Penulis Norman J. Grossfeld
Hideki Sonoda
Pemeran Veronica Taylor
Amy Birnbaum
Eric Stuart
Rachael Lillis
Maddie Blaustein
Wayne Grayson
Megan Hollingshead
Mike Pollock
Ikue Ōtani
Andrew Paull
Tara Jayne
Kayzie Rogers
Distributor Toho (Japan)
Buena Vista Home Entertainment (US)
Alliance Atlantis (Canada DVD)
Universal Studios Home Entertainment (Canada DVD, distributing for Alliance Atlantis)
Paramount Home Entertainment (UK)
Europa Filmes (Brazil)
PT. Tripar Multivision Plus (Kota Bandung)
Tanggal rilis July 19, 2003 Japan
June 1, 2004 USA
October 23 2006 UK
September 13 2006 Brazil
Durasi 81 min.
Negara Japan
Amerika Serikat
Bahasa English
Japanese
Latin America Spanish
Didahului oleh Pokémon Heroes
Diikuti oleh Pokémon: Destiny Deoxys

Pokémon: Jirachi Wish Maker (bahasa Jepang: Gekijōban Poketto Monsutā Adobansu Jenerēshon Nanayo no Negaiboshi Jirāchi. Terjemahan bebas bahasa Inggris: "Pocket Monsters Advanced Generation the Movie: The Wishing Star of Seven Nights: Jirachi") adalah film Pokémon yang keenam dan merupakan film pertama yang mengikutsertakan karakter-karakter dari Advanced Generation. Dan film ini juga merupakan film pertama yang tidak menyertakan Misty dikarenakan ia memang bukan merupakan bagian cerita dari Advanced Generation.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Plot[sunting | sunting sumber]

Gotta Dance[sunting | sunting sumber]

Plotnya adalah tentang base camp baru Team Rocket. Pokemon-Pokemon milik Team Rocket berhasil menangkap tiga Whismur, yang ditujukan untuk Giovanni jika ia tiba. Meowth menekan sebuah tombol di markas Team Rocket yang menyebabkan para Pokemon tangkapan Team Rocket menjadi berdansa tanpa henti.

Sementara itu, Pikachu, Treecko, Torchic, Mudkip, dan Lotad tiba di camp tersebut dan berencana untuk membebaskan Whismur. Mereka semua kemudian mempelajari bagaimana caranya menghentikan aksi Team Rocket tersebut, yang kemudian mereka berhasil dengan dibantu pennon-aktifan dari tombol tersebut, yang menyebabkan kehancuran di markas tersebut, hingga akhirnya Ludicolo dan Loundred lahir.

Jirachi Wish Maker[sunting | sunting sumber]

Cerita selanjutnya adalah tentang Komet Millenium yang hadir di langit setiap seratus tahun sekali. Di waktu yang sama, ketika Pokemon legendaris Jirachi bangkit dari sebuah lubang, ia kemudian menyerap energi dari komet tersebut. Energi tersebut kemudian mengenai sebuah area di Bumi yang kemudian dikenal dengan nama Forina glow. Saat waktu tersebut terjadi, seorang penyihir bernama Butler, bersama pacarnya Diane, mengambil energi tersebut dari Forina.

Di lain tempat, dalam pesta Komet Millenium, Ash Ketchum bersama May, Brock, dan Max tiba di acara tersebut, dimana May membeli tujuh panel kesenangan yang ia katakan bisa digunakan untuk memohon sesuatu kepada komet tersebut. Ketika Ash dan Max menjadi sukarelawan dalam acara sulap Butler, Max kemudian mengenalkan diri kepada Jirachi.

Identitas dari Butler kemudian menjadi jelas, ia adalah mantan ilmuwan untuk Team Magma, yang mencoba mengambil Pokemon legendaris Groudon. Butler memiliki system yang bagus, namun ia selalu tidak bisa menemukan energi yang cukup. Akhirnya ia berharap energi dari Jirachi bisa digunakan untuk keperluannya tersebut. Melihat bahaya yang besar, Pokemon Absol kemudian membawa pulang Diane dan Jirachi bersama Ash dan teman-temannya kembali ke Fornia. Tanpa diketahui mereka, Butler merencanakan untuk menangkap Jirachi jika ia kembali ditemukan.

Ketika Butler merencanakan aksinya, seekor Groudon tampil dan memulai aksinya untuk mengubah Forina menjadi gurun. Ketika Diane ditangkap oleh Groudon, Butler kemudian menjelaskan bahwa pertemanannya dengan Diane sudah lama dan sangat penting, dan dengan keterlibatan Ash dan Max maka proses akan berjalan sebaliknya dan akan mengembalikan semua yang ada menjadi normal kembali.

Selanjutnya Jirachi terpaksa menggunakan energinya untuk menciptakan Groudon, dan meninggalkan tradisi 100 tahun dalam lubang. Namun May, dengan kesenangannya, melupakan panel terakhirnya untuk mendatangkan kegembiraan. Dan ia kemudian memakainya untuk menghapus semua kejadian tersebut, dan akhirnya terjadilah kekuatan magis dari permintaan May tersebut, dan membuat semuanya menjadi normal kembali, seperti sedia kala.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pertama kali di Jepang pada 19 Juli 2003. Kemudian di dubbing ke dalam bahasa Inggris dalam bentuk VHS dan DVD oleh Buena Vista Home Entertainment pada 1 Juli 2004. Ini merupakan film kedua yang dirilis dalam bentuk VHS dan DVD di AS.

Sementara di Inggris, film ini dirilis pada 23 Oktober 2006, untuk merayakan ultah Pokemon yang ke sepuluh. Di Inggris, film ini dirilis dan didistribusikan oleh Paramount Home Entertainment.

Versi TV[sunting | sunting sumber]

Meskipun Cartoon Network memiliki hak siar utama untuk film ini di TV, Toon Disney pada 9 Maret 2007 menyiarkan film ini di TV, dikarenakan Miramax, yang dimiliki oleh Disney, menjadi salah satu distributor film ini.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

Lagu utama dalam film ini adalah Chiisaki Mono yang dinyanyikan oleh Asuca Hayashi, dan tersedia dalam versi English maupun versi Jepang. Tetapi dalam versi Inggris, yang berjudul Make a Wish, menyertakan lirik versi Inggris yang diterjemahkan dari versi Jepang. Ini menjadi film Pokemon pertama yang lagu versi Jepang-nya dirilis di versi Inggris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]