Pohon pemakan manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pohon pemakan manusia dapat mengacu pada variasi legenda atau kriptid tumbuhan karnivora berukuran besar yang membunuh atau memakan manusia atau hewan besar lainnya.[1] Biasanya, tumbuhan karnivora menggunakan perangkap seperti halnya Nepenthes rajah, yang memproduksi racun sebesar 38 cm (15 in) tall dengan volume sebesar 35 litre (Templat:Convert/impgal USgal).[2] Spesies ini biasanya menjebak mamalia kecil.[3]

Pohon Madagaskar[sunting | sunting sumber]

Penemuan pohon pemakan manusia ini dinyatakan sebagai sebuah hoax. Pada tahun 1881, petualang Jerman bernama Carl Liche menulis akun dalam Daftar Australia Selatan menghadapi pengorbanan yang dilakukan oleh suku Mkodo di Madagaskar:[4]

"Palpi yang halus dan ramping, dengan kemarahan ular kelaparan, bergetar sesaat atas kepalanya, kemudian seolah-olah naluri dengan kecerdasan kerasukan setan diikat pada dirinya dalam putaran kumparan mendadak dan putaran leher dan lengannya, kemudian sambil jeritan mengerikan dan sekaligus lebih mengerikan tawa naik liar akan langsung dicekik turun lagi menjadi menggelegak mengerang, sulur-sulur satu demi satu, seperti ular hijau besar, dengan energi brutal dan kecepatan neraka, naik, retraksi sendiri, dan membungkusnya di sekitar kali lipat setelah kali lipat, semakin ketatnya dengan kejam kecepatan dan keuletan biadab anacondas ikat pada mangsanya."[5]

Informasi mengenai pohon tersebut kemudian publikasi lebih lanjut dalam buku 1924 oleh mantan Gubernur Michigan Chase Osborn, Madagaskar, Negeri Pohon Pemakan Manusia.[6] Osborn mengklaim bahwa kedua suku dan misionaris di Madagaskar tahu tentang pohon mengerikan, dan juga mengulangi akun Liche.

Pada buku yang ditulis pada tahun 1955, Salamander dan Keajaiban lain,[7] penulis sains Willy Ley menemukan bahwa suku Mkodo, Carl Liche, dan Madagaskar pemakan manusia pohon itu sendiri semua hanyalah rekayasa.

Ya-te-veo[sunting | sunting sumber]

Penggambaran seorang pribumi yang menjadi makanan oleh pohon karnivora Ya-te-veo ("Aku melihatmu") di Amerika Tengah, dari Land and Sea oleh J. W. Buel, 1887.

Dalam sebuah buku karangan J.W Buels berjudul Land and Sea, Buels dalam bukunya ada menyebut tentang pohon karnivora yang disebut Ya-te-Veo (Aku melihatmu).

Ya-te-Veo ini diklaim hidup ditengah-tengah benua Amerika Selatan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shuker, Karl (2003). The Beasts That Hide From Man. Paraview. ISBN 1-931044-64-3. 
  2. ^ McPherson, S.R. 2009. Pitcher Plants of the Old World. Redfern Natural History Productions Ltd., Poole.
  3. ^ Phillipps, A. 1988. A second record of rats as prey in Nepenthes rajah.PDF (203 KB) Carnivorous Plant Newsletter 17(2): 55.
  4. ^ Ron Sullivan and Joe Eaton (October 27, 2007). "The Dirt: Myths about man-eating plants - something to chew on". San Francisco Chronicle. Diakses 2007-10-26. 
  5. ^ Tyson, Peter. "A Forest Full of Frights, part 2". The Wilds of Madagascar. Nova Online. 
  6. ^ Osborn, Chase Salmon (1925). Madagascar, Land of the Man-eating Tree. 
  7. ^ Ley, Willy (1955). Salamanders and other Wonders. Viking Press. 

Kutipan lain[sunting | sunting sumber]

  • Michell, John and Rickard, Bob (2000). The Rough Guide to Unexplained Phenomena. Rough Guides. ISBN 1-85828-589-5.