Poecilosclerida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poecilosclerida
Acarnus erithacus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Upakerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Poecilosclerida

Topsent, 1928

Poecilosclerida adalah salah satu ordo spons yang tergolong dalam kelas Demospongiae. Ordo ini merupakan ordo yang memiliki paling banyak spesies dalam kelas demospongiae dengan jumlah hingga lebih dari 2200 spesies.[1] Ordo ini memiliki sekitar 25 famili yang dikenali. Famili-famili tersebut dikenali dari karakter memiliki chelae microscleres, yaitu spikula kecil the yang tersebar pada jaringan tubuh, biasanya berukuran antara 10-60 µm (mikrometer), dan berbentuk seperti sekop pada ujungnya.[2]

Kebanyakan famili dari ordo ini merupakan vivipar, dengan pengecualian famili Raspailiidae yang kebanyakan spesiesnya ovovivipar.[2]

Seperti spons pada umumnya, spesies yang tergolong termasuk dalam ordo ini memiliki tubuh yang berpori dan permukaan yang keras seperti batu. Selain itu, Poecilosclerida juga dapat menyerap oksigen dari air melalui proses difusi.

Famili[sunting | sunting sumber]

Famili-famili dari ordo Poecilosclerida:[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Porifera Database". www.marinespecies.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-07-17. 
  2. ^ a b "Marine Species Identification Portal : Order Poecilosclerida". species-identification.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-17. Diakses tanggal 2018-07-17. 
  3. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Poecilosclerida". www.marinespecies.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-07-17. 
  • WoRMS Porifera: World Porifera Database. Soest R. van (ed), 22 Oktober 2008.