Pleburan, Semarang Selatan, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pleburan
—  Kelurahan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kota Semarang
Kecamatan Semarang Selatan
Kodepos 50241
Luas 69,145 ha
Penduduk 7258 jiwa (tahun 2010)

Pleburan merupakan sebuah kelurahan di kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pleburan berada di pusat kota Semarang, yang terdiri atas pusat bisnis (Kantor PT. Telkom, Hutama Karya, ACE Hardware, dsb) dan kantor pemerintahan (Bank Indonesia, Disperindag Prov. Jateng, Dinas Sosial Prov. Jateng, dsb). Dalam hal pendidikan, kelurahan Pleburan memiliki enam buah SD Negeri, satu SD Swasta (SD IT Al Firdaus), SMK Kimia Industri, dan universitas terbesar di Jawa Tengah yaitu Universitas Diponegoro (program pascasarjana). Pleburan terbagi dalam enam RW.

Nama Pleburan berasal dari kata lebur, yang berarti hilang. Nama tersebut diberikan ketika Kai dan Nyai Borang, pendiri daerah ini, dapat menemukan putera mereka yang hilang.

Kondisi Geografis Kelurahan Pleburan merupakan salah satu kelurahan dari 10 kelurahan yang terletak di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Luas wilayah Kelurahan Pleburan sebesar 69,145 ha. Batas wilayah Kelurahan Pleburan adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara : Kelurahan Karang Kidul
  • Sebelah Selatan  : Kelurahan Tegalsari
  • Sebelah Barat : Kelurahan Mugasari
  • Sebelah Timur : Kelurahan Wonodri

Potensi Wilayah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan hasil observasi maupun hasil wawancara didapatkan beberapa potensi yang ada di Kelurahan Pleburan. Potensi tersebut antara lain:

  • Letak Kelurahan Pleburan cukup dekat dengan pusat kota Semarang, kantor pemerintahan seperti Gubernur Jawa Tengah dan Lapangan Pancasila Simpang Lima sebagai pusat bisnis.
  • Kemudahan sarana transportasi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan aktivitas mereka, seperti becak, ojek, taksi, dan bus Trans Semarang
  • Terdapat berbagai macam bentuk usaha, dimana hal ini memudahkan masyarakat setempat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari, seperti sembako,alat- rumah tangga, dll.
  • Fasilitas pendidikan yang lengkap, dari Taman kanak- kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga Perguruan Tinggi (Universitas).

Sebaran Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kelurahan Pleburan pada tahun 2010 berjumlah 7.259 jiwa dengan perincian 3.603 jiwa laki – laki dan 3.656 jiwa perempuan. Kelurahan Pleburan memiliki 2.416 KK dan 1 WNA. Kelurahan Pleburan memiliki sarana pemukiman yaitu 1259 rumah permanen, 118 rumah semi permanen, dan 53 rumah non permanen.

Fasilitas Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Pleburan memiliki sarana pendidikan sebagai berikut yaitu 3 TK, 6 Sekolah Dasar (SDN Pleburan 1 - 5 dan SD Islam Terpadu Al Firdaus), 1 Sekolah Menengah Atas (SMK Kimia Industri), 1 Akademi, dan 1 Perguruan Tinggi (Universitas Diponegoro)

Perdagangan dan Jasa[sunting | sunting sumber]

Dalam sektor perdagangan atau jasa di Kelurahan Pleburan terdapat 319 sarana perdagangan dan 29 sarana di bidang jasa. Sedangkan untuk sektor koperasi terdapat 1 buah. Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Pleburan adalah ACE Hardware