Playa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Playa Lake Hart, sebuah danau gurun endorheic di Australia Selatan

Playa (berasal dari bahasa Spanyol playa yang berarti 'pantai'; juga disebut dataran alkali) adalah dasar danau yang kering, sebuah danau endorheic. Pada beberapa daerah lain seperti Llano Estacado dan bagian lain dari daerah Southern High Plains di Amerika Serikat dan Tangerang, playa mengacu pada "danau playa", yaitu dataran rendah kecil yang bersifat musiman.

Terbentuknya playa[sunting | sunting sumber]

Proses terbentuknya playa dimulai oleh air yang membawa berbagai mineral-mineral mengalir kedataran rendah berupa danau yang terkurung oleh daratan tinggi di sekitarnya. Apabila air yang masuk ke dalam danau amat sedikit sementara kecepatan penguapan (evaporasi) di daerah tersebut sangat tinggi, air akan menguap dengan cepat dan meninggalkan mineral-mineral garam di permukaan danau tersebut, akibatnya terbentuklah sebuah playa.

Tumbuhan pada playa[sunting | sunting sumber]

Dataran tersebut terdiri atas butiran-butiran sedimen yang tercampur garam alkali. Permukaan dataran tersebut secara umum sangat kering, keras dan licin dalam musim panas, namun basah dan sangat lembut dalam bulan-bulan musim dingin. Pada playa tidak terdapat tumbuh-tumbuhan, namun pada musim dingin dapat ditumbuhi oleh tanaman shadscale dan saltbrush yang mampu menolerir kadar garam sehingga penyediakan semacam kebutuhan makanan dalam musim dingin bagi kehidupan hewan-hewan pemakan tumbuhan.

Pengaruh air pada playa[sunting | sunting sumber]

Beberapa playa memiliki danau-danau dangkal pada musim dingin, terutama selama musim-musim terbasah dalam suatu tahun. Jika lapisan airnya tipis dan bergerak ke sekitar playa oleh hembusan angin, permukaan dengan lapisan keras yang licin dapat terbentuk. Lapisan tipis air dapat menghasilkan semacam "retakan lumpur" pada permukaannya. Namun pada keadaan terlalu sedikit air dapat mengakibatkan terciptanya bukit-bukit pasir.

Bahaya playa[sunting | sunting sumber]

Playa dapat menjadi berbahaya. Pecahan garam di permukaannya dapat membentuk "rawa lumpur garam" sehingga jika terjebak sebuah kendaraan truk yang besar pun akan tenggelam di dalamnya.

Dataran rendah Qattara di sebelah timur Gurun Sahara (sebuah playa) memiliki sejumlah rawa lumpur garam, sehingga lokasi tersebut menjadi benteng pertahanan yang strategis saat Perang Dunia II.

Ajang pencapaian rekor kecepatan[sunting | sunting sumber]

Bonneville Salt Flats/dataran garam Bonneville.

Daratan yang sangat datar, dengan permukaan licin namun keras dari sebuah playa, membuatnya ideal untuk menjadi lokasi balap kendaraan bermotor. Playa-playa berukuran besar adalah lokasi yang sangat baik untuk menjadi tempat memecahkan rekor kecepatan kendaraan bermotor, karena sifat licin pada dataran playa secara teknis mempermudah laju kendaraan dalam persaingan meningkatkan kecepatan kendaraan. Playa di daerah dataran garam Bonneville, negara bagian Utah, Amerika Serikat dan Gurun Karang Hitam di negara bagian Nevada sudah menjadi ajang balapan "rekor kecepatan" ini. Bahkan gurun ini juga menjadi ajang pameran seni "burning man" dan festival musik tahunan.

Playa terbesar[sunting | sunting sumber]

Salar de Tunupa dekat Departemen Potosi, Bolivia, adalah dataran garam terbesar di dunia. Ukurannya 300 kali lebih besar dari dataran garam Bonneville di AS.

Playa di Australia dan Afrika[sunting | sunting sumber]

Danau Hart di Australia bagian selatan adalah contoh daerah playa Australia. Sedangkan di benua Afrika adalah Playa Etosha di taman nasional Etosha, Namibia.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]