Plasmodium knowlesi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Plasmodium knowlesi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Protista
Filum: Apicomplexa
Kelas: Aconoidasida
Ordo: Haemosporida
Famili: Plasmodiidae
Genus: Plasmodium
Spesies: P. knowlesi
Nama binomial
Plasmodium knowlesi

Plasmodium knowlesi adalah parasit dari genus Plasmodium yang secara alami menginfeksi monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).[1] Parasit ini banyak ditemui di Asia Tenggara dan sudah menyerang manusia.[1] P. knowlesi ditransmisikan dengan menggunakan nyamuk dari kelompok Anophleles leucosphyrus sebagai vektor perantara, salah satunya adalah Anophleles latens.[2]

Parasit ini memiliki kemampuan untuk bereproduksi setiap 24 jam di dalam darah dan hal ini dapat berpotensi menyebabkan kematian.[3] Manusia yang terinfeksi P. knowlesi cenderung mengalami penurunan jumlah trombosit di dalam darah dan hal ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit tersebut. Untuk pemeriksaan atau diagnosis parasit ini, dapat dilakukan pemeriksaan sediaan darah tipis dan tebal kemudian diamati di bawah mikroskop. Penampakan dari P. knowlesi mirip dengan P. malariae, namun biasanya dilakukan pemeriksaan lanjutan secara molekuler dengan menggunakan deteksi PCR.[4] Untuk pengobatan, penderita infeksi P. knowlesi dapat diberi obat klorokuin dan primakuin.[4]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The genome of the simian and human malaria parasite Plasmodium knowlesi. A. Pain, et al. Nature Vol 455|9 October 2008| doi:10.1038/nature07306.
  2. ^ Plasmodium knowlesi Malaria in Humans Is Widely Distributed and Potentially Life Threatening. Janet Cox-Singh, et al. Clinical Infectious Diseases 2008; 46:165–71.
  3. ^ news.bbc.co.uk, New malaria 'poses human threat'.
  4. ^ a b Singh B, Lee KS, Matusop A, Radhakrishnan A, Shamsul SSG, Cox-Singh J, Thomas A, Conway DJ (2004). "A large focus of naturally acquired Plasmodium knowlesi infections in human beings". Lancet 363: 1017–24. doi:10.1016/S0140-6736(04)15836-4.