Planck (pesawat luar angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Herschel planck team.jpg
PIA16874-CobeWmapPlanckComparison-20130321.jpg

Planck adalah observatorium ruang angkasa yang dioperasikan oleh European Space Agency (ESA), dan dirancang untuk mengamati anisotropi dari latar belakang gelombang mikro kosmik (CMB) di microwave dan frekuensi infra-merah, dengan sensitivitas yang tinggi dan resolusi sudut kecil. Proyek, awalnya disebut kobra/SAMBA, yang dinamai untuk menghormati fisikawan Jerman Max Planck (1858-1947), yang memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1918.

Dibangun di Cannes Mandelieu Space Center oleh Thales Alenia Space, dan dibuat sebagai Misi Menengah ketiga (M3) dari Horizon 2000 Program Ilmiah Badan Antariksa Eropa, Planck diluncurkan pada Mei 2009, mencapai titik Bumi/Sun L2 bulan Juli, dan pada Februari 2010 telah berhasil memulai survei semua langit kedua. Pada 21 Maret 2013, misi semua - langit peta dari latar belakang gelombang mikro kosmik dirilis.

Pada akhir misinya Planck dimasukkan ke dalam orbit heliosentris dan dipasivasi untuk mencegah membahayakan setiap misi masa depan. Perintah penonaktifan akhir dikirim ke Planck pada Oktober 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]