Plan 9 from Outer Space

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Plan 9 from Outer Space
Plan 9 Alternative poster.jpg
Poster film Plan 9 from Outer Space
Sutradara Edward D. Wood, Jr.
Produser Charles Burg
J. Edward Reynolds
Hugh Thomas Jr.
Edward D. Wood, Jr.
Penulis Edward D. Wood, Jr.
Distributor Distributors Corporation of America Inc.
Tanggal rilis Juli 1959 (AS)
Durasi 79 menit
Bahasa Inggris
Anggaran $60.000

Plan 9 from Outer Space adalah film fiksi ilmiah/horor dari tahun 1959 yang ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Edward D. Wood, Jr.. Film ini biasanya dianggap sebagai salah satu film terburuk sepanjang masa, dan Ed Wood menerima Golden Turkey Award sebagai sutradara terjelek setelah ia meninggal. Walaupun demikian, film ini tidak muncul dalam daftar 100 film terjelek Internet Movie Database. Selain itu, penggemar film ini mengatakan banyak film lain yang lebih jelek. Misalnya, ketika mengadakan penelitian untuk perannya dalam film Ed Wood, Martin Landau menonton semua film Bela Lugosi dan mengatakan bahwa Bela Lugosi Meets a Brooklyn Gorilla "membuat film-film Ed Wood kelihatan seperti Gone with the Wind."

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Plan 9 memiliki judul asli Grave Robbers from Outer Space, namun diubah menjadi Plan 9 from Outer Space, konon karena judul aslinya dianggap sacrilegious oleh sponsor film ini, para tetua dari gereja Baptis di Beverly Hills (ini diceritakan dalam film biografi Ed Wood).

Kenyataannya, para sponsor tersebut tidak keberatan dengan judul aslinya. Penyebab sebenarnya tidak diketahui, namun film ini, yang dibuat selama 3 tahun, diedarkan sebagai Plan 9 from Outer Space tanpa sepengetahuan gereja tersebut. Mungkin Wood, atau salah satu distributornya, ingin menghindari kewajiban membayar royalti.

Untuk meyakinkan gereja tersebut, Wood menyuruh semua pemain dalam film ini dibaptis. Namun, karena Tor Johnson, mantan pegulat profesional, badannya terlalu besar (beratnya sekitar 150 kg), ia tidak dapat masuk ke kolam baptisan gereja. Karena itu pembaptisan diadakan di kolam renang.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Film ini diperkenalkan dan dinarasi oleh peramal televisi The Amazing Criswell, dan melibatkan mahluk luar angkasa yang mencoba untuk menaklukkan Bumi dengan membangkitkan mayat dari pemakaman.

Mahluk-mahluk tersebut telah meramalkan bahwa manusia akan segera memiliki senjata pamungkas: "bom solaranit" (atau "solarbonit") yang dapat "meledakkan partikel-partikel sinar matahari" dan menghancurkan jagad raya. Mereka telah mencoba delapan kali untuk meyakinkan manusia agar mereka tidak mengembangkan bom tersebut, namun tidak diindahkan. "Plan 9", atau rencana 9, adalah rencana mereka membangkitkan mayat orang mati dan usaha mereka yang terakhir. Hal ini ceritanya didasarkan oleh kesaksian di bawah sumpah, walaupun Criswell mengatakan hal ini terjadi di masa depan.

Di akhir film, mahluk luar angkasa dikalahkan, walaupun menurut logika film ini adalah hal yang tidak diinginkan karena berarti manusia akan menghancurkan alam semesta.

Dalam banyak hal, film ini adalah pembuatan ulang dari film fiksi ilmiah klasik The Day the Earth Stood Still, walaupun ditambahi unsur horror.

Film ini terkenal sebagai "hampir dibintangi" Bela Lugosi. Adegan-adegan yang melibatkan Lugosi tidak direkam untuk film ini; Wood hanya memasukan mereka ke dalam naskah setelah Lugosi meninggal pada 1956 dan menulis ulang ceritanya agar tokoh Lugosi kembali dari dunia orang mati sebagai vampir. Walaupun demikian, peran ini dimainkan oleh Dr. Tom Mason, chiropractor dari istrinya Kathy O'Hara. Dr. Mason, sebenarnya, tidak mirip Lugosi dan jauh lebih tinggi. Konon Wood merasa bahwa hidung dan mata Dr. Mason mirip Lugosi. Wood mencoba menutupi hal ini dengan cara menyuruh Dr. Mason menutupi mukanya dengan jubahnya setiap kali. Namun untuk film lainnya yang direkam tahun itu juga, Night of the Ghouls, Mason boleh memperlihatkan wajahnya. Kedua film ini adalah film pertama dan terakhirnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Sloan, Will. (April 2005). "Can Your Heart Stand the Shocking Facts About Kelton the Cop A/K/A Paul Marco?" Filmfax, p.88-89