Pisang-pisangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Heliconia atau bunga pisang-pisangan adalah jenis tanaman hias khas tropis, sering disebut sebagai pisang hias, termasuk golongan Musaceae yang mirip dengan keluarga Strelitzia berasal dari Amerika Latin, namun Heliconia memiliki tiga buah atau lebih seludang sedang Strelitza hanya dua buah. Heliconia sering digunakan sebagai penghias taman di rumah, perkantoran, hotel, sampai pelengkap rangkaian bunga. Bunga Heliconia dipotong pada saat bunga belum sepenuhnya mekar. Ada beberapa jenis Heliconia diantaranya Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan yang bentuk bunganya seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan dan mudah didapat, berikutnya Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti buah pisang.

Heliconia juga merupakan tanaman yang tidak rewel, cocok ditanam dalam pot maupun tanah, baik indoor maupun outdoor. Ia bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu 13-30 derajat celcius. Sebagai tumbuhan khas tropis, Heliconia mudah tumbuh jika langsung terkena sinar matahari.

Pengaturan cahaya sangat diperlukan, terutama bibit yang baru ditanam. Tanaman muda hanya memerlukan cahaya sekitar 25-35 persen. Pada fase ini tanaman membutuhkan naungan sehingga kondisinya terlihat segar.

?Pisang-pisangan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberals
Famili: Musaceae
Genus: Musa
Spesies

Musa paradisiaca

Berdasarkan rangkaian bunganya, Heliconia terbagi menjadi dua jenis:

  1. Heliconia Densiflora
  2. Heliconia Rostrata.

Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan yang bentuk bunganya tegak seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan serta mudah didapat. Sementara Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti buah pisang. Perbanyakkan kedua jenis Heliconia ini cukup menggunakan anakan (tunas).

Heliconia termasuk dalam keluarga Heliconiaceae. Dari penampilan fisiknya seringkali Heliconia Densiflora sering disamakan dengan Bunga Bird of Paradise (family Strelitziaceae). Bunga Bird of Paradise mengandung warna ungu atau kebiruan, tunggal dan tidak bercabang-cabang. Ketiganya sama-sama termasuk dalam ordo Zingiberales.

Kerabat Dekat[sunting | sunting sumber]

Pisang Ungu, Pisang Batu, Pisang Hias

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]