Pirs (modul ISS)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sts110-363-001.jpg

Pirs (Rusia: Пирс, yang berarti "pier") - juga disebut "Stikovochny Otsek 1" atau "SO-1" (Rusia: Стыковочный отсек, "docking modul", atau DC-1 (docking kompartemen) - adalah salah satu dua kompartemen docking Rusia awalnya direncanakan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pirs diluncurkan pada bulan Agustus 2001. Pirs ini menyediakan ISS dengan satu port docking untuk pesawat ruang angkasa Soyuz dan Progress, dan memungkinkan jalan keluar dan masuknya oleh kosmonot untuk spacewalks menggunakan pakaian ruang angkasa Orlan Rusia.

Sebuah docking kompartemen kedua, "Stykovochniy Otsek 2" atau SO-2, awalnya direncanakan dengan desain yang sama. Namun, ketika segmen Rusia dari ISS didesain ulang pada tahun 2001, desain baru tidak lagi termasuk SO-2, dan konstruksi dibatalkan.[1] Setelah perubahan lain dari rencana modul SO-2 akhirnya berkembang menjadi modul Poisk, yang ditambahkan ke ISS pada 2009.

Pirs dijadwalkan akan terlepas dari ISS pada 2013 dan akan deorbited, untuk memberikan ruang bagi Rusia Multipurpose Module Laboratorium Nauka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]