Pilar Besi Delhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pilar Besi Delhi

Pilar Besi Delhi adalah sebuah Pilar yang berdiri dihalaman masjid Quwwatul,Delhi India. Pilar besi Delhi ini dibuat pada abad ke 4 adalah salah satu monumen yang paling misterius yang ada di India. Lebih dari 1.600 tahun setelah berdirinya pilar besi ini tidak berkarat sama sekali. Pilar ini sering dianggap sebagai buktinya teknologi metalurgi pada masa India kuno.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ukuran pilar ini setinggi 7,21 meter dengan diameter 41 cm tertanam di dalam tanah sedalam 93cm. Beratnya diperkirakan mencapai 6,5 ton. Berdiri di Kompleks Qutb .

98 persen dari Pilar ini terbuat dari besi mentah dengan kualitas unggulan. Berbeda dengan artefak besi lainnya yang biasa dibuat menggunakan cetakan, pilar ini dibuat dengan ditempa menggunakan palu. Ini terlihat dari tanda-tanda bekas tempaan pada permukaannya.[1]

Menurut bukti-bukti yang ditemukan, pilar itu pada awalnya bukan terletak di lokasinya yang sekarang, melainkan telah dipindahkan dari tempat lain. Ini juga didukung bukti tidak adanya relik lain dari abad ke-4 yang bisa ditemukan di sekitar situ. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pilar itu dibawa ke Delhi oleh Anangpal, Raja Tomar yang berjasa dalam membangun kota Delhi tahun 1020 M.[2]

Sejarah penemuan[sunting | sunting sumber]

Pilar ini tidak terlalu menarik perhatian para ilmuwan hingga pertengahan abad ke-19 ketika dunia barat mendengarnya. Laporan pertama mengenai adanya pilar ini datang dari seorang prajurit Inggris bernama Kapten Archer. Ia menceritakan adanya sebuah pilar dengan inskripsi aneh di permukaannya yang tidak dapat diartikan oleh siapapun.

Lalu, inskripsi ini menarik perhatian James Prinsep, seorang arkeolog Inggris yang kemudian berhasil memecahkan artinya pada tahun 1838 dan mempublikasikan terjemahannya pada Journal of Asiatic Society of Bengal.

Dalam Inskripsi itu disebut bahwa pilar ini dibuat sebagai penghormatan kepada dewa Wisnu. Selain itu, inskripsi ini juga menulis penghormatan kepada seorang penguasa bernama Chandra yang berhasil menaklukkan Vangas dan Vahlika. Para sejarawan percaya bahwa Chandra yang disinggung disini adalah Chandragupta II Vikramaditya (375-414 M) yang berasal dari dinasti Gupta.[3]

Jadi, bisa diketahui bahwa pilar ini sesungguhnya adalah sebuah monumen untuk memperingati kebesaran dewa Wisnu dan raja Chandragupta. Namun selain sebagai monumen penghormatan, sebagian peneliti percaya bahwa pilar ini juga berfungsi sebagai alat astronomi masa purba.

Vishnupadagiri, lokasi awal pilar ini, terletak di rasi bintang cancer dan juga merupakan pusat penelitian astronomi pada masa Gupta. Pilar besi ini mungkin telah berfungsi sebagai jam matahari ketika ia masih berada disana.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joshi, M.C. (2007). "The Mehrauli Iron Pillar". Delhi: Ancient History (Berghahn Books). ISBN 978-81-87358-29-9. 
  2. ^ On the Origin of High Phosphorus Content in Ancient Indian Iron, Vikas Kumar and R. Balasubramaniam, International Journal of Metals, Materials and Processes, vol. 14, pp. 1–14. 2002
  3. ^ "Pilar Besi India yang Tak Berkarat". 30 March 2013.