Pijantung Gunung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pijantung Gunung
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. affinis
Nama binomial
Arachnothera affinis
(Horsfield, 1821)

Pijantung Gunung (Arachnothera affinis) adalah spesies burung dari keluarga burung madu (Nectariniidae).

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran sekitar 17 cm, berwarna hijau dan abu-abu. Tubuh bagian atas hijau-zaitun. Tubuh bagian bawah abu-abu dengan coretan hitam halus pada tenggorokan dan dada yang khas (membedakannya dari jenis-jenis pijantung yang lain). Burung remaja belum memiliki coretan. Coretan pada populasi di Sumatra tidak semencolok ras A.a. affinis. Iris berwarna coklat, paruh atas hitam, paruh bawah lebih pucat, kaki coklat kemerah-jambuan

.........

Penyebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Terdiri dari 2 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • everetti (Sharpe, 1893) – Kalimantan bagian utara dan tengah. Ciri: coretan hitam halus pada tenggorokan dan dada cukup banyak.
  • affinis (Horsfield, 1821) – Jawa dan Bali.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Pijantung paling umum di hutan kering di pesisir, hutan dataran rendah, perbukitan, dan pertumbuhan sekunder sampai ketinggian 1000 mdpl. Biasanya hidup sendirian. Sering mengunjungi rumpun pisang liar dan pohom-pohon yang sedang berbunga, seperti dadap Erythrina. Sering terlihat jauh di atas tanah. Terbang cepat dan rendah di hutan seperti Pijantung kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Arachnothera affinis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]