Pierre Marie Robert Versteegh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PMR Versteegh

Pierre Marie Robert Versteegh (6 Juni 1888 – 3 Mei 1942) adalah tokoh militer, pejuang Perang Dunia II, dan anggota tentara Belanda.

PMR. Versteegh adalah adik Jend. Willem Versteegh, yang aktif sebagai pilot di KNILM dan kemudian di KLM. Pada tahun 1928, PMR. Versteegh memperoleh medali perunggu dalam Olimpiade Musim Panas 1928 di Amsterdam, untuk balapan tim dressage pria.

Versteegh berpangkat letnan kolonel di Koninklijke Maréchaussée ketika Jerman Nazi menyerbu Belanda pada tanggal 10 Mei 1940. Bersama beberapa prajurit yang lain, ia keluar dari militer karena beristerikan wanita Yahudi dan penentangannya terhadap peraturan-peraturan Nazi terhadap bangsa Yahudi. Versteegh menjadi anggota komite Ordedienst yang ilegal. Tak berapa lama kemudian, organisasi tersebut digulung Nazi dan Versteegh dikirim ke kamp konsentrasi Sachsenhausen, di sana ia ditembak mati bersama 72 anggota Ordedienst lainnya.

Untuk jasa-jasa perjuangannya, ia dianugerahi Verzetskruis secara anumerta. Di kota kediaman terakhirnya, Bussum, terdapat jalan yang mengabadikan namanya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]