Picodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Picodon
Cheese-picodon.png
Negara asal Perancis
Kawasan, kota Rhone
Sumber susu Kambing
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Lembut
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan Minimal 12 hari
Sertifikasi AOC[1]

Picodon adalah keju dari Perancis yang dibuat dengan menggunakan susu kambing yang dipasteurisasi.[1] Keju ini telah disertifikasi AOC dan hanya dapat diproduksi di daerah Rhone bagian selatan, termasuk Ardeche dan Drome, kanton Barjac di departemen Gard dan kanton Valreas di departemen Vaucluse.[1] Keju ini memiliki kulit tipis yang memiliki aroma dari gua batu.[2] Bagian dalam dari keju ini padat dan aromatik.[2] Seringkali keju ini dibungkus bersama dengan rempah-rempah dalam botol berisi minyak zaitun hijau.[2] Keju Picodon dilapisi dengan lapisan jamur dan semakin lama keju ini dimatangkan maka jamur-jamur tersebut akan lebih terlihat.[1] Keju ini dimatangkan minimal 12 hari.[1] Apabila Picodon telah dimatangkan selama 1 bulan maka keju tersebut memasuki tahap baru yang disebut sebagai "Dieulefit-Affinage".[1] Pada tahap tersebut keju ini dicuci dengan air garam beberapa kali dan digosok dengan minuman anggur atau brandy.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 220-221.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 38.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]