Piacenza Calcio 1919

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Piacenza
Logo Lupa Piacenza
Nama lengkap Piacenza Calcio
SpA
Julukan Biancorossi (Putih-merah),
Papaveri,
Lupi (Serigala)
Didirikan 1919
Stadion Stadio Leonardo Garilli,
Piacenza, Italy
(Kapasitas: 21,608)
Ketua Bendera Italia Fabrizio Garilli
Manajer Bendera Italia Giuseppe Iachini
Liga Serie B
Posisi 2006-07 Serie B, 4 klasemen
Kostum kandang
Kostum tandang

Piacenza Calcio adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di kota Piacenza, Emilia Romagna. Warna seragamnya merah-merah. Klub ini acap kali mengalami promosi dan degradasi antara Serie A dengan Serie B. Selama berkompetisi di persepak bolaan Italia belum ada prestasi yang menonjol yang pernah diraih Piacenza Calcio.

Sejarah Klub[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 1800-an, sepak bola mulai populer di Piacenza dan dikenalkan di sistem sekolah disamping olahraga lainnya seperti bersepeda, senam, panahan, dll. Kompetisi yang membantu perkembangan sepak bola di Emilia-Romagna adalah turnamen pelajar tahun 1908, yang diikuti tim-tim dari berbagai kota, dan dimenangi oleh Collegio Morigi dari Piacenza.

Piacenza Calcio didirikan pada 1919 dengan presiden pertamanya, Giovanni Dosi. Dosi adalah seorang yang penuh ambisi. Dia mengurus segala hal di klub, termasuk administrasi, tehnik, dan sosialisasi klub, dengan tujuan memasukkan klub ke dalam kompetisi nasional dibawah FIGC.

Pada musim pertama, mereka memainkan 12 pertandingan melawan Parma, Reggiana, Spal, dan Bologna. Mereka memulai start bagus karena hanya kalah satu kali (1-0 melawan Bologna), dan mendapat tiket promosi ke Prima Categoria.

Piacenza menginjak Seri C pertama kali pada musim 1935/1936; hampir promosi ke Serie B pada tahun 1938, tapi kalah melawan Fanfulla.

Piacenza akhirnya berhasil membuat debut di Serie A pada 1993 dibawah pelatih Luigi Cagni.

Pemain Legendaris[sunting | sunting sumber]