Phil Elliott

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Phil Elliott
Nama penaPhil Elliott
PekerjaanArtis, Penulis
KebangsaanBritania
KewarganegaraanBritania
Karya terkenalTales From Gimbley
Website
www.elliott-design.com

Phil Elliott yang terlahir sekitar tahun 1960, adalah seorang pencipta buku komik, yang hasil karyanya pernah dimuat di salah satu majalah mingguan Escape. Ia pernah menjadi bagian dari penerbit komik kecil mandiri Britania pada tahun 1980-an.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah berkontribusi pada komik-komik amatir, seperti Bemusing dan The Panelologist pada pertengahan 1970-an, Elliott memutuskan untuk mencoba menerbitkan komiknya sendiri dan, dengan bantuan Ian Wieczorek dan Paul Chester, merilis Blitzine yang diikuti dengan Delapsus Resurgam. Tahun 1977 Elliott, dengan editor John Matthews (rekan sesama seniman komik) dan Ian Wieczorek, menerbitkan majalah komik mandiri, Elipse. Elipse diterbitkan dalam tiga nomor dan awalnya dicetak strip oleh Kev F. Sutherland, Mike Matthews, dan Dave Hine, serta Elliott sendiri. Elipse adalah majalah komik yang unik saat itu karena hanya menampilkan beberapa strip komik.

Pada awal 1980-an Elliott berkenalan dengan seorang teman pengoleksi komik lama, Paul Gravett, yang bekerja pada majalan Pssst!. Karena karyanya tidak dapat diterbitkan di Pssst!, Elliott memutuskan kembali menerbitkan sendiri dan, dengan Ian Wieczorek lagi, merilis komik Fast Fiction, yang namanya diambil dari layanan distribusi komik Fast Fiction.

Salah satu seniman komik yang dipilih oleh Elliot untuk diterbitkan karyanya dalam Fast Fiction adalah Eddie Campbell. Elliott berkolaborasi dengan Campbell antara tahun 1984 dan 1986 dalam berbagai strip komik yang dimunculkan dalam koran musik Sounds dan membuatkan gambar terbitan pertama karya Campbell, Lucifer. Elliott juga mengerjakan pewarnaan banyak sampul komik Campbell untuk Harrier Comics, salah satu penerbit komik Inggris yang aktif pada pertengahan hingga akhir 1980-an.

Elliott juga menjalin kemitraan kreatif yang kuat dengan Glenn Dakin yang menghasilkan komik-komik, seperti Greenhouse Warriors, Mr Night, dan The Man from Cancer.

Elliott menjadi kontributor tetap bagi majalah komik Inggris yang berpengaruh, Escape, dan tahun 1985 Escape menerbitkan komiknya, Doc Chaos. Doc Chaos ditulis oleh Dave Thorpe dan Lawrence Gray.

Tahun 1985 Elliott mulai menggambar The Suttons untuk korannya sendiri, The Maidstone Star, untuk konsumsi setempat. Strip komik itu ia kerjakan selama tiga tahun.

Setelah menyerahkan jabatannya sebagai editor di Fast Fiction pada Ed Pinsent, Elliott mulai mengedit !GAG! untuk Harrier Comics. Harrier Comics juga menerbitkan komik Second City dalam empat nomor karya Elliott dan Paul Duncan, serta dua koleksi cerita A Tale from Gimbley karya Elliot, terdiri atas Some Tales From Gimbley dan More Tales From Gimbley.

Elliott pernah bekerja di sebagian besar penerbit-penerbit komik besar di Amerika Serikat dan Inggris. Komiknya Blite pernah diterbitkan oleh Fantagraphics. Ia menjadi seniman yang mengerjakan komik The Real Ghostbusters untuk Marvel UK dan mengerjakan pewarnaan pada tujuh terbitan pertama buku komik pahlawan super karya Paul Grist, Jack Staff. Karyanya juga muncul dalam Punch, Knockabout, Fox Comics, dan Power Rangers.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Karya-karya komiknya antara lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]