Pheed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pheed
URLwww.pheed.com
Tipesitus web
LangueInggris
Service entry (en)12 Oktober 2012 (2012-10-12)
Service retirement (en)April 2016
Lokasi kantor pusatLos Angeles
Peringkat Alexa4.732.073 (30 November 2017)
KeadaanAktif

Pheed (pengucapan bahasa Inggris: [feed]) adalah platform media sosial gratis yang ditujukan untuk web dan perangkat seluler. Pheed menyediakan penggunanya dengan platform untuk berbagi semua bentuk konten digital, termasuk teks, foto, klip suara, pesan suara, pesa video, dan siaran langsung. Pengguna dapat mendaftarkan saluran pengguna lain dan menonton saluran yang mereka daftarkan tersebut secara real time. Pengguna dapat memberi label pheed tertentu, seperti “cinta" atau “pusing”, dan juga berbagi i-konten dari saluran lain melalui fitur mereka sendiri yang disebut “remix”, mirip dengan “re-tweet”. Pengguna dapat mencari konten melalui hashtags, dan membatasi pencarian mereka dengan filter yang dapat memungkinkan mereka melihat tipe konten tertentu misalnya, hanya foto, hanya video, dan lain sebagainya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pheed didirikan di Los Angeles, California oleh sekelompok sahabat dari komunitas teknologi dan entertainment. O.D Kobo, seorang veteran internet, adalah pendiri dan investor perdana. Antarmuka web ini diluncurkan pada tanggal 12 Oktober 2012, diikuti dengan aplikasi iPhone satu bulan berikutnya, pada tanggal 10 November 2012.[1][2]

Pheed diluncurkan di lebih 200 negara dunia, dimana dalam satu minggu peluncurannya Pheed telah mendapatkan 500.000 pengguna baru. Setelah launching tersebut, Pheed termasuk dalam Apple’s Top Chart, Top 10 Free Apps di kategori sosial pada enam minggu pertamanya. Pada 19 Februari 2013, Pheed menduduki peringkat 1 pada Apple Top Chart kategori sosial, di atas Twitter dan Facebook.

Karena adanya perubahan kebijakan di Instagram, Pheed mengalami gelombang besar pada pengguna-pengguna barunya dalam satu minggu pada tanggal 18 Desember, The New York Times yang melaporkan bahwa platform tersebut melompat ke sembilan aplikasi jejaring sosial yang paling sering diunduh di Apples iTunes Store, di belakang Linkedin dan mendapatkan lebih banyak pengguna baru daripada aplikasi apapun di Amerika Serikat.[3][4][5]

Pada tanggal 31 Desember 2012, Pheed menutup pendaftaran untuk pengguna baru dan membukanya kembali pada 1 Februari 2013. Periode eksklusif ini dikatakan karena gelombang pertumbuhan yang besar dan keinginan untuk menjaga basis pengguna intinya.

Pengguna Pheed[sunting | sunting sumber]

Pheed sering dikatakan oleh pers sebagai Twitter baru, atau generasi media social berikutnya. Forbes mengatakan Pheed sebagai “Twitter dengan perencanaan bisnis” dan Fortune mendaftarkan Pheed sebagai peringkat #1 dari 7 Jejaring Sosial pada tahun 2013. Kebanyakan pengguna Pheed dari kalangan remaja, padahal sosial media ini sebenarnya diperuntukan untuk segala umur dan sekitar 80 persen penggunanya berusia 14 dan 25 tahun . hingga saat ini memiliki 350,000 unique visitors, yang menarik banyak selebritis-selbritis kelas dunia telah tergabung dengan pheed. Miley Cyrus, David Guetta, Paris Hilton dan Chris Brown adalah nama-nama superstar yang telah tergabung dalam layanan sosial media baru ini . Sementara ada banyak selebritis yang telah bergabung dengan Pheed, platformnya secara khusus menjadi popular di antara orang – orang kreatif, baik yang terkenal maupun tidak. Orang – orang ini termasuk fotografer, seniman, pemusik, model, dan desainer. Menariknya, komunitas skateboard juga lantang dalam memberikan dukungannya untuk Pheed dengan banyak skaters yang paling terkenal di dunia yang bergabung pada Pheed. Untuk memberikan penghargaan pada mereka, Pheed membangun jalur landau di kantor pusatnya di Los Angeles, dimana skater lokal secara rutin datang untuk bermain dan menjalin hubungan dengan Pheed.

Pheed dan Copy Right[sunting | sunting sumber]

Pheed merupakan jejaring sosial untuk berbagi konten. Slogan Pheed “Express Yourself” mendorong penggunanya untuk mengunggah konten original. Konten yang dibagikan tersebut bisa saja merupakan hak milik pribadi seseorang. Oleh sebab itu, pengembang Pheed juga ikut mengembangkan fitur berupa tombol Copyright di dalamnya. Pheed menghargai hak cipta. Pheed menyediakan fitur monetasi dimana pengguna juga bisa memilih jenis iklan disetiap saluran (channel), mulai dari teks hingga siaran video dan memungkinkan kita menentukan harga subscribe kompetitif. Pheed berani mengambil langkah monetasi karena disetiap broadcast ataupun status yang kita buat dilengkapi dengan Copyright, pengguna bisa mengaktifkan pilihan ini ketika membuat status Pheed. Pheed memiliki fitur untuk memberikan watermark sesuai dengan username orang yang mengunggah foto. Sehingga apabila ada pihak lain yang mengambil foto tanpa izin / persetujuan, watermark tersebut akan tetap muncul dan konten original tersebut benar – benar dihargai sebagai hak cipta sekaligus monetasi. Yang menjadi catatan penting disini, bahwa Pheed tidak berhak atas kepemilikan seluruh konten yang diunggah pengguna.

Pilihan Pertemanan[sunting | sunting sumber]

Pheed sendiri sudah menyediakan rekomendasi subscribe ataupun berteman, selain itu juga ada pilihan mengundang teman dari Facebook, Twitter dan daftar kontak Email.

Platform[sunting | sunting sumber]

Pheed adalah situs sekaligus aplikasi yang menggunakan unified platform untuk berbagi segala konten digital seperti teks, foto, audio, voice noted, video bahkan broadcasting secara real-time. Selain dapat digunakan sebagai sarana sharing digital konten, Pheed juga dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya adalah live broadcast. Apabila seseorang ingin melihat broadcasting tentang suatu acara atau lainnya secara real-time, pengguna Pheed dapat menetapkan berapa biaya yang harus dibayar oleh pemirsanya.

Cara Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Ada 3 cara untuk dapat menggunakan Pheed yaitu dengan memakai account Facebook, Twitter atau juga email. Karena baru memulai aktivitas di Pheed, tentunya tidak banyak atau bahkan sang pengguna tidak mempunyai teman. Oleh karenanya, Pheed memberikan penawaran untuk mengajak teman yang ada di Facebook, Twitter atau Gmail agar dapat ikut serta menggunakan layanan baru ini.

Perbedaan Pheed dan Twitter[sunting | sunting sumber]

Sepintas, Pheed mirip dengan Twitter, hanya saja sedikit lebih besar saja. Foto-foto yang yang diunggahpun juga ditampilkan lebih besar. Ada beberapa tombol sharing di bagian atas dan di sebelah kiri ada sederet panel dengan fungsi yang berbeda. Yang membedakan antara pheed dengan twitter adalah adanya fitur berbayar dari pheed, dimana dengan membayar sesuai paket yang kta inginkan pengguna bisa mendapatkan fitur premium dari pheed.

Security[sunting | sunting sumber]

• Website Pheed dan API dapat diakses melalui 256 bit, sertifikasi SSL validasi yang diperluas, yang dikeluarkan oleh DigiCert. • Sistem pemrosesan kartu sesuai dengan PCI Data Security Standard (PCI-DSS) • Nomor kartu, data strip magnetic, atau kode keamanan tidak disimpan pada server Pheed. • Aplikasi dikembangkan secara in-house dan merupakan subjek untuk pengujian kualitas yang ketat dan review keamanan. • Pengembangan web (web development) mengikuti panduan pengkodean keamanan standar industri, seperti yang direkomendasikan oleh OWASP. • Jaringan terpisah menurut tingkat keamanannya. Firefall modern, restriktif memproteksi semua koneksi di antara jaringan.

Model Bisnis[sunting | sunting sumber]

Dikatakan Forbes maupun Inc, Pheed adalah Twitter dengan model bisnis, Pheed menawarkan penggunanya pilihan untuk memonetasi dengan mengaplikasikan wall dengan bayaran bulanan untuk saluran Pheed mereka atau dengan siaran langsung pay-per-view. Perusahaan mendapatkan bagian pendapatan dengan pemegang saluran premium, gagasan dimana sebagian kecil pengguna mendapatkan charge untuk konten mereka. Pheed akan terus dapat bertumbuh tanpa menghimpun donasi atau mengurangi platform dengan iklan. Gagasan social startup memiliki model bisnis dari peluncurannya telah mendapatkan banyak perhatian pers, dan beberapa percaya ini akan menjadi alternatif bagi pemula yang mengkhawatirkan pertumbuhan pertama, dan juga penerimaan selanjutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Donna Tam (October 22, 2012). "Twitter restores connection for hot new social startup Pheed". CNET. Diakses tanggal February 15, 2013. 
  2. ^ Ingrid Lunden (October 18, 2012). "Is Twitter Starving Pheed? New Social Network Says Its Twitter Connect Got Cut Off". TechCrunch. Diakses tanggal February 15, 2013. 
  3. ^ "Instagram seeks right to sell access to photos to advertisers". BBC Online. December 18, 2012. Diakses tanggal February 15, 2013. 
  4. ^ "Privacy and Terms of Service Changes on Instagram". Instagram. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-30. Diakses tanggal February 15, 2013. 
  5. ^ Declan McCullagh (December 17, 2012). "Instagram says it now has the right to sell your photos". CNET. Diakses tanggal February 15, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]