Phazotron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

JSC Phazotron (Phazotron-NIIR, ОАО «Корпорация «Фазотрон-НИИР»), adalah pengembang radar dan avionik militer terbesar Rusia. Pertama kali dibentuk pada bulan Juni 1917 untuk menghasilkan instrumen penerbangan. Kantor utamanya adalah di Moskow dan memiliki 25 perusahaan afiliasi, cabang dan unit terpisah di Moskow dan kota-kota lain di Rusia, Ukraina dan Belarus. Selama era Soviet, Scientific Research Institute of Radar, NII Radar atau NIIR.

Salah satu mantan desainer kepala adalah Adolf Tolkachev, yang menjadi mata-mata Amerika dan selama bertahun-tahun antara 1979 dan 1985, memberikan banyak informasi tentang proyek-proyek seperti R-23, R-24, R-33, R-27, dan R-60, S-300, serta tentang radar pesawat tempur-pencegat digunakan pada MiG-29, MiG-31, dan Su-27 dan avionik lainnya langsung ke CIA.

Pesaing utama Phazotron di bekas Uni Soviet dan Rusia adalah Tikhomirov Scientific Research Institute of Instrument Design, or NIIP, dan kedua perusahaan sebentar bergabung tetapi kemudian dipisahkan lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]