Petrel-badai coklat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Petrel-badai coklat
Di Tasmania
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
O. oceanicus
Nama binomial
Oceanites oceanicus
Kuhl, 1820
Persebaran distribusi (biru)

Petrel-badai coklat (Oceanites oceanicus), juga diketahui sebagai Petrel wilson, adalah burung laut kecil yang termasuk famili storm petrel family. Itu adalah salah satu spesies burung paling melimpah di dunia dan memiliki distribusi sirkumpolar terutama di lautan belahan bumi selatan tetapi memanjang ke utara selama musim panas belahan bumi utara. Populasi dunia diperkirakan lebih dari 50 juta pasangan.[2]

Nama itu memperingati ahli ornitologi Skotlandia-Amerika Alexander Wilson. Nama genus Oceanites merujuk pada Oceanids mitos, tiga ribu putri Tethys. Nama spesies ini berasal dari bahasa Latin oceanus, "lautan".

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Petrel-badai coklat dewasa berukuran kecil. Terdapat garis pucat pada bulu sayap atas. Ekor berbentuk seperti persegi dan relatif pendek. Pada bulu bawah sayap terdapat garis pucat[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2009). "Sturnus contra". IUCN Red List of Threatened Species. Version 3.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 12 July 2011. 
  2. ^ Newton, Ian (1998). Population limitation in birds. Academic Press. hlm. 3. ISBN 9780080879239. 
  3. ^ Robson, Craig (2020-02-06). Field Guide to the Birds of South-East Asia (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing. hlm. 48. ISBN 978-1-4729-8139-4.