Peter Pace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Pace

Jenderal Peter Margaret Pace (lahir 5 November 1945) adalah Ketua Kepala Staf Gabungan yang sekarang dan Marinir AS pertama yang diangkat untuk jabatan ini. Dalam kapasitasnya ini ia menjabat sebagai perwira militer dengan kedudukan tertinggi di Amerika di bawah Presiden. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua dari Kepala Staf Gabungan dari 1 Oktober 2001 hingga 12 Agustus 2005. Jenderal Pace adalah perwira ke-16, dan juga Marinir pertama, yang memegang posisi ini. Pada 30 September 2005, Pace menggantikan Jenderal Angkatan Udara AS Richard Myers sebagai Ketua Kepala Staf Gabungan. Ia diangkat oleh George W. Bush.

Menteri Pertahanan Robert Gates mengumumkan pada 8 Juni 2007 bahwa ia akan menasihati Presiden untuk tidak mencalonkan Pace kembali untuk masa jabatan kedua, sehingga Pace diharapkan akan mundur pada 30 September 2007. Gates juga mengumumkan bahwa ia akan merekomendasikan Kepala Operasi Angkatan Laut Admiral Michael Mullen sebagai pengganti Pace.[1][2][3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pace dilahirkan di Brooklyn, New York dalam keluarga Italia-Amerika, dan dibesarkan di Teaneck, New Jersey. Ia memperoleh penugasannya pada Juni 1967, setelah lulus dari Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia juga memiliki gelar MBA dari Universitas George Washington dan belajar di Universitas Harvard untuk Eksekutif Nasional dalam program Eksekutif dalam Keamanan Nasional dan Internasional. Ia adalah lulusan 1992 dari Seminar Kepemimpinan Georgetown dari Sekolah Dinas Luar Negeri Edmund A. Walsh di Universitas Georgetown. Ia menikah dan mempunyai seorang anak lelaki, Peter, dan anak perempuan, Tiffany. Peter adalah kapten purnawirawan dari Korps Cadangan Marinir.

Karier sebagai mariner[sunting | sunting sumber]

Setelah m enyelesaikan pendidikan dasar di MCB Quantico, Virginia, pada 1968, Pace ditempatkan di Batalyon ke-2, Satuan Marinir ke-5, Divisi Marinir ke-1 di Republik Vietnam, pertama-tama berdinas sebagai pemimpin Pleton senapan dan berikutnya sebagai Asisten Perwira Operasi.

Sekembalinya dari luar negeri pada Maret 1969, ia melapor ke Barak Marinir, Washington, D.C.. Dalam penugasannya ini, ia menjabat sebagai Kepala, Satuan Penulis Infantri, Institut Korps Marinir; Pemimpin Pleton, Kompi Pengawal, Komandan Detasemen Keamanan, Camp David; Gedung Putih Pembantu bidang Sosial; dan Pemimpin Pleton, Pleton Upacara Khusus. Ia dipromosikan menjadi Kapten pada April 1971. Pada September 1971, Pace mengikuti Kursus Lanjutan Perwira Infantri di Fort Benning, Georgia.

Jenjang kepangkatan[sunting | sunting sumber]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gen. Pace to Step Down as Chairman of Joint Chiefs". NPR. June 8, 2007. Diakses 2007-06-08. 
  2. ^ James, Frank (June 8, 2007). "Gen. Pace out as Joint Chiefs chairman". Chicago Tribune. Diakses 2007-06-08. 
  3. ^ "Pace Ousted as Joint Chiefs Chairman in Bid to Avert Senate Battle". Congressional Quarterly. June 8, 2007. Diakses 2007-06-08. 
Didahului oleh:
Richard Myers
Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan
2001-2005
Diteruskan oleh:
Edmund P. Giambastiani
Didahului oleh:
Richard Myers
Ketua Kepala Staf Gabungan
2005
Diteruskan oleh:
masih menjabat