Peter Faber

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Faber

Peter Faber (bahasa Perancis: Pierre Lefevre atau Pierre Favre, bahasa Latin: Petrus Faber) (lahir di Villaret, Saint-Jean-de-Sixt, 13 April 1506 – meninggal di Roma, 1 Agustus 1546 pada umur 40 tahun) adalah seorang teolog Yesuit berkebangsaan Perancis dan salah satu pendiri tarekat Serikat Yesus. Ia di-beatifikasi oleh Gereja Katolik Roma pada tanggal 5 September 1872.

Konteks Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara kebetulan, John Calvin sedang melawati masa-masa percobaannya di Universitas Paris di saat yang sama Faber, Fransiskus Xaverius dan Ignatius Loyola meletakkan dasar-sadar Yesuit. Oleh karenanya sejak lama Serikat Yesus dan Kaum Kalvinis menuduh satu dengan yang lain mengenai pencurian ide-ide oleh kelompok saingannya. Para peneliti percaya hal ini terjadi karena kemiripan latar belakang dan filosofi kedua kelompok ini.

Faber menjadi seorang penginjil dan pemberi latihan spiritual yang efektif, berkarya di Italia, Spanyol, Portugal dan Jerman. Kebanyakan dari pengabdiannya adalah di Jerman. Disana beliau merancang panduan-panduan untuk dialog ekumenikal dengan kaum Lutheran, tapi sayangnya semua panduan tersebut sangat jarang dipraktekkan. Ia dikenal oleh para pengikut Yesuit pertama sebagai pemandu terbaik dalam melakukan latihan spiritual ala Yesuit.

Penghargaan Pascahidup[sunting | sunting sumber]

Fransiskus Xaverius, Peter Faber dan Ignatius Loyola menjadi teman sepondokan di Universitas Paris dan semuanya diangkat oleh kaum Yesuit sebagai pendiri Serikat Yesus, yang juga dikenal sebagai Ordo Yesuit.

Mereka yang telah mengenal beliau mengganggap Faber sebagai seorang suci. Santo Fransiskus de Sales, yang memiliki karakter yang mirip dengan Faber, tidak pernah berbicara mengenai Faber selain sebagai seorang santo. Peter Faber di-beatifikasi pada tanggal 5 Septem,ber 1872. Pesta perayaannya adalah tanggal 8 Agustus.

Beliau dihormati sebagai bagian dari perayaan Tahun Jubileum Yesuit 2006 yang merayakan semangat para pendiri Serikat Yesus di tiga perayaan ulang tahun khusus Yesuit:

  • ulang tahun ke-500 hari lahir Fransiskus Xaverius (lahir tanggal 7 April 1506)
  • ulang tahun ke-500 hari lahir Peter Faber (lahir tanggal 13 April 1506)
  • ulang tahun ke-450 hari wafat Ignatius Loyola (wafat 31 Juli 1556)

Tahun jubileum Yesuit ini secara resmi dimulai pada tanggal 3 Desember 2005. Sekumpulan kuliah, publikasi, acara seni dan musik meramaikan acara-acara ulang tahun ini sepanjang tahun 2006 di Universitas Regis dan di berbagai institusi Yesuit di seluruh dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]