Peter Caruana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Honourable

Peter Caruana

QC
Ketua Menteri Gibraltar ke-6
Masa jabatan
17 Mei 1996 – 9 Desember 2011
Penguasa monarki Elizabeth II
Gubernur Hugo White
Richard Luce
David Durie
David Blunt (Sementara)
Francis Richards
Philip Barton (Sementara)
Robert Fulton
Leslie Pallett (Sementara)
Adrian Johns
Didahului oleh Joe Bossano
Digantikan oleh Fabian Picardo
Informasi pribadi
Lahir 15 Oktober 1956 (umur 58)
Gibraltar
Partai politik Demokrat Sosial Gibraltar
Suami/istri Cristina Triay
Anak 6
Alma mater Queen Mary, University of London
Agama Katolik Roma
Sosial media
Situs web Official website

Peter Richard Caruana, QC (lahir 15 Oktober 1956) adalah seorang politikus Gibraltar, ketua Demokrat Sosial Gibraltar (GSD) dan mantan Ketua Menteri Gibraltar yang menjabat sejak 1996 sampai 2011. Ia berprofesi sebagai barister dan ditunjuk sebagai Queen's Counsel untuk Gibraltar pada tahun 1998 dan terpilih menjadi Overseas Master of the Bench of Inner Temple pada tahun 2011.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Caruana lahir di Gibraltar dan merupakan keturunan Malta dan Italia. Ia bersekolah di Christian Brothers School di Gibraltar, kemudian Grace Dieu Manor School dan Ratcliffe College (keduanya di Leicestershire, Inggris), dan terakhir Queen Mary, University of London dan Council of Legal Education. Sebelum menjabat sebagai Ketua Menteri, ia merupakan rekanan di firma hukum Triay & Triay. Caruana menikah dengan Cristina Triay, putri Joseph Triay, seorang barister setempat.[2] Ia memiliki 7 anak bernama Michael, Georgina, Nicola, Philippa, Patrick, Timothy, dan James. Ia menyukai golf dan hal-hal berbau politik dan peristiwa terkini.

Politik[sunting | sunting sumber]

Sebelum terpilih masuk dunia pemerintahan, karier politiknya naik perlahan. Pada tahun 1990, Caruana menjadi anggota Demokrat Sosial Gibraltar. Setahun kemudian, ia menjadi ketua partai dan pada bulan Mei 1991 ia menjadi anggota Dewan Majelis dengan memenangkan pemilu pertama Gibraltar. Bulan Januari 1992, Caruana membawa partainya ke posisi oposisi resmi dengan memenangkan tujuh kursi di Dewan Majelis, Akhirnya, pada Mei 1996, ia membawa partai ini menuju kemenangan dan menjadi Ketua Menteri Gibraltar.

GSD yang ia pimpin sekarang menolak segala bentuk pemindahan kedaulatan ke Spanyol, tetapi masih memilih dialog damai.[3] Sebagai Ketua Menteri, Caruana secara konsisten menolak menghadiri pembicaraan bilateral antara Britania Raya dan Spanyol sebagai bagian dari delegasi Britania, beralasan bahwa kepentingan bangsa Gibraltar tidak dilindungi, dan ia tidak ingin memberi legitimasi terhadap pembicaraan yang tidak bisa dikendalikan Gibraltar.

Pada tahun 2002, ia mengadakan referendum tentang kedaulatan bersama yang berakhir dengan suara mayoritas tidak setuju.

Pada bulan Desember 2004, prinsip diskusi tiga pihak akhirnya diakui, dengan Pemerintah Gibraltar sebagai pihak yang sejajar dengan Britania Raya dan Spanyol, terutama karena keterlibatannya. Diskusi ini menghasilkan Perjanjian Cordoba yang memperbaiki komunikasi antara Gibraltar dan Spanyol dengan dibukanya penerbangan langsung dari Madrid yang tidak lama kemudian dibatalkan karena sedikitnya penumpang, dan Spanyol mengakui kode telepon internasional Gibraltar, sehingga mengakhiri sengketa berkepanjangan.

Pada November 2007, ia kembali menjabat untuk keempat kalinya. Di bawah kepemimpinannya, Demokrat Sosial Gibraltar dikalahkan dalam pemilu Desember 2011 oleh partai pesaingnya, Partai Buruh Sosialis Gibraltar, yang menang dengan selisih 1,2%.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Daily Telegraph Court & Social - 'Legal News' 14th April 2011, pg 30
  2. ^ Are we going to fight the Armada again?, The Daily Telegraph, 22 March 2002
  3. ^ Government of Gibraltar - Political Development

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Joe Bossano
Ketua Menteri Gibraltar
1996–2011
Diteruskan oleh:
Fabian Picardo