Pesma Thaybah Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pesma Thaybah Surabaya adalah sebuah pesantren mahasiswa yang berada di wilayah Keputih, Sukolilo, Surabaya, Indonesia. Lokasinya berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pesantren ini dikelola oleh Yayasan Nidaul Fithrah Surabaya [1]. Santri Pesma Thaybah Mahasiswa adalah mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Surabaya seperti ITS, Unair, Stikom dan lainnya. Pembina Pesma Thaybah saat ini adalah Ust Muhammad Nur Yasin, alumni Pondok Modern Gontor, yang juga merupakan Direktur Yayasan Nidaul Fitrah Surabaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pesantren Mahasiswa Thaybah didirikan untuk mendidik dan membina mahasiswa dan mahasiswi di Kota Surabaya dan sekitarnya. Bangunan masjid Thaybah dan juga asrama santri putra dibangun sekitar tahun 2003 dan diresmikan pada tanggal 21 Maret 2004. Adapun wisma santri putri yang berada di dekat kampus UNAIR adalah wakaf dari salah seorang muhsinin.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan kegiatan pesma Thaybah dilaksanakan setelah subuh atau malam hari. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu kegiatan kuliah mahasiswa di kampusnya masing-masing. Di antarakegiatan rutinnya adalah kajian habis subuh sampai sekitar jam 6 pagi. Materi kajian subuh bervariasi tiap hari mulai dari kajian Aqidah, Fikih, Tafsir dan lainnya. Selain kajian rutin adalah juga program tahsin, hafalan al Qur'an dan bahasa Arab.

Pesma Thaybah juga rutin mengadakan Kajian Umum, bakti sosial, pembinaan TPA untuk masyarakat sekitar (di masjid Thaybah), kegiatan Ramadhan dan lainya.

Alamat[sunting | sunting sumber]

Pesantren Mahasiswa Thaybah perum Inti Bumi, Keputih Plengsengan, Sukolilo, Surabaya 60111

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • 1. Maknun, Lukluil (2011) SEJARAH GENERASI AS-SALAF AS-SALIH YAYASAN NIDA'UL FITHRAH DI SURABAYA TAHUN 2000-2010. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]