Pesantren Hidayatullah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Panorama Pesantren Hidayatullah di kampus Gunung Tembak, Balikpapan

Pesantren Hidayatullah adalah jaringan pesantren milik organisasi massa (ormas) Islam Hidayatullah, didirikan di Balikpapan pada tanggal 7 Januari 1973/2 Dzulhijjah 1392 H.

Pesantren Hidayatullah seperti halnya pesantren di tempat lain, berfungsi sebagai tempat untuk mendalami ilmu-ilmu agama (dinniyah). Pesantren dengan luasan kampus yang dimiliki juga berfungsi sebagai miniatur atau percontohan bagi kehidupan berimamah dan berjamaah dalam Islam. Selain dihuni santri yang tinggal di asrama, di pesantren juga tinggal guru, pengasuh, pengelola dan jamaah Hidayatullah yang berkeinginan tinggal di dalam Pesantren dalam rangka belajar hidup berimamah dan berjamaah.

Dengan segala keterbatasan namun dengan penuh kesungguhan, syariat coba ditegakkan. Kepemimpinan dipatuhi, kewajiban salat berjamaah, puasa dan zakat dilaksanakan, infak dan shadaqah digalakkan.

Beberapa kelebihan Pesantren Hidayatullah adalah memiliki beberapa lembaga yang bergerak diberbagai bidang diantaranya majalah dakwah bulanan bernama Majalah Hidayatullah yang tersebar ke seluruh Indonesia melalui jaringan pesantren ini. Pesantren Hidayatullah memiliki cabang hampir di seluruh Propinsi di Indonesia. Selain majalah, Hidayatullah juga memiliki lembaga amil zakat yang diberi nama Baitul Maal Hidayatullah yang bertugas untuk mengumpulkan zakat yang akan disalurkan dalam berbagai bentuk demi manfaat untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan. Dibidang kesehatan Hidayatullah juga memiliki sebuah lembaga kemanusiaan yang bergerak dibidang kesehatan yang bernama Islamic Medical Service. Lembaga ini fokus dibidang kesehatan dan melayani pengobatan terutama untuk para dhuafa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]