Pesantren Asy-Syafi'iyyah Kedungwungu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pondok Pesantren Asy-Safi'iyyah
Indramayu

Logo Pesantren Asy-syafi'iyyah
Didirikan Tahun 1979
Jenis Perpaduan Salaf dan Modern
Pengasuh KH. Afandi Abdul Mu'in Syafi'i
Lokasi Kedungwungu-Krangkeng-Indramayu, , Jawa Barat, Indonesia
Situs web http://kedungwungu.com

Pesantren Asy-Syafi'iyyah adalah sebuah pondok pesantren yang terletak di Jl. K.H. Abdul Muin, Desa Kedungwungu, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyyah adalah lembaga pendidikan Islam nonformal (pondok pesantren tradisional) yang bergerak dalam bidang pendidikan ilmu ke-agama-an. Awalnya, lembaga pendidikan ini memakai sistem klasik/ tradisional (salaf) yang terlaku saat itu. Metode belajar-mengajarnya tidak terprogram dengan baik dan tidak sistematik, serta tidak jelas medan interaksi belajar-mengajar. Saat itu, seorang guru (kiai) hanya menitik-beratkan pada pengajaran ”qiroatul Qur’an” (membaca Alquran) dan kitab–kitab fikih tingkat dasar dengan sistem ”sorogan” yang bertempat di musholla. Karena belum tersedia fasilitas/ ruangan khusus untuk kegiatan belajar-mengajar. Saat itu, para santri/ siswa dididik langsung oleh K.H. Syafi’i (al marhum), pendiri Pondok Pesantren Asy-syafi’iyyah, dibantu K.H. Abdulloh Shobari (al marhum). Kemudian, diteruskan oleh K.H. Afandi Abdul Muin (pengasuh), sebagai generasi pertama K.H. Syafi’i.

Untuk membekali santri dengan wawasan yang lebih luas, Abah Sepuh—panggilan para santri pada K.H. Afandi Abdul Mu'in-- pada tahun 1979 membuka madrasah formal di lingkungan Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyyah. Semula Madrasah ini bernama Madrasah Raudlotut Thalibin (MRT). Namun, atas dasar pertimbangan para dzurriyah (keluarga K.H. Syafi'i) untuk mengenang jasa sesepuh dan leluhur, maka nama tersebut diganti jadi Madrasah Asy-syafi’iyyah, nisbat pada K.H. Syafi’i.

Tahap pertama madrasah ini hanya membuka tingkat dasar (ibtidaiyyah) dengan masa pendidikan 6 tahun. Kurikulum 80% pelajaran agama dan 20% pelajaran umum. Seiring perkembangan waktu dan mengapresiasi bakat dan minat santri, kini generasi penerus sedang merintis Madrasah Tsanawiyyah, Madrasah Aliyyah Terpadu, dan SMK.

Jenjang pendidikan Pesantren Asy-Syafi'iyyah[sunting | sunting sumber]

  • TKA/ TPA
  • Madrasah Ibtida'iyyah (pagi)
  • Madrasah Diniyyah (sore )
  • SMP
  • SMK
  • Ma'had Aly
  • Majlis Ta’lim: -Harian (ibu-ibu, setiap ba'da Dhuhur); mingguan (bapak-bapak), -dan bulanan (bapak-bapak dan ibu-ibu)

Tenaga pengajar[sunting | sunting sumber]

Untuk menjaga mutu pendidikan, Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syafi'iyyah, merekrut tenaga pengajar profesional yang sesuai dengan bidang masing-masing, baik lulusan dalam maupun luar negeri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]