Pertempuran Selat Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pertempuran Selat Denmark adalah pertempuran laut pada Perang Dunia II antara Angkatan Laut Britania Raya dengan Kriegsmarine Jerman. Pertempuran ini terjadi di Selat Denmark pada tanggal 24 Mei 1941 sewaktu kapal perang Britania Raya, HMS Prince of Wales dan HMS Hood, menghadang kapal perang KMS Bismarck dan penjelajah berat KMS Prinz Eugen yang dipimpin Admiral Lutjens dan KorvettenKapitan Lindemann berupaya menuju Atlantik Utara untuk menghancurkan armada kapal dagang sekutu.

Kurang dari sepuluh menit setelah pihak Britania memulai serangan, peluru dari Bismarck menerjang Hood di dekat tempat penyimpanan amunisinya. Hood meledak dan tenggelam 3 menit berikut hampir seluruh awaknya. Prince of Wales melanjutkan pertempuran tapi menderita kerusakan serius pada persenjataan utamanya. Hal ini, ditambah dengan kerusakan lain yang dideritanya, menyebabkan hampir seluruh persenjataannya tak dapat digunakan dan akhirnya memaksa Prince of Wales meninggalkan medan pertempuran.

Birmarck, yang juga menderita kerusakan tapi masih dapat beroperasi, tidak berupaya mengejar Prince of Wales melainkan terus melaju menuju Atlantik bersama Prinz Eugen. Pertempuran Selat Denmark berakhir dengan kemenangan berada pada pihak Jerman.